Silat Dipadukan dengan Tahfidz Alquran di Tanah Datar

Ilustrasi
Ilustrasi (belogmystery.blogspot.co.id)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar menyampaikan aspresiasiya atas gebrakan yang dilakukan Perguruan silat Taduang Bangkeh yang memadukan Program Silat dengan  program Tahfidz

"Ini sebuah terobosan baru yang perlu ditiru oleh Perguruan dan sasaran silat lainya," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanahdatar diwakili Kabid SD Drs Baharudin Dt Bandaro kayo seusai membuka pelatihan silat dan Tahfidz yang diadakan oleh Perguruan silat Taduang Bangkeh yang berpusat di Jorong Ladang laweh Nagari Batipuh Baruh Kecamatan Batipuh dan pembukaan pelatihan itu juga dihadiri oleh Dewan Pakar IPSI Sumatera Barat Drs David Suhu Dt Raja alam dan wakil Kepala SLTP No. 1 Batipuh Yusrizal serta pembina perguruan silat dan Tahfids Perguruan silat taduang Bangkeh.

baca juga: Melayat Kerumah Bupati Tanah Datar, Gurbernur Sumbar: Almarhum Pekerja Keras

Program yang dilakukan ini merupakan bagian dari Pendidikan karakter di dalam membentuk kepribadian anak. Selain di rumah, pendidikan karakter juga perlu diterapkan di luar pendidikan sekolah  dan lingkungan sosial.  Guna melahirkan generasi cerdas  dan tumbuh menjadi insan yang baik dengan memiliki berbagai keunggulan dan ketrampilan

Pengurus Perguruan silat Taduang Bangkeh  telah membuktikan wujud dan komitmennya bersama unsur masyarakat bersama sekolah untuk memberikan keterampilan sejak dini  baik dalam bidang ilmu bela diri termasuk  mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al Qur'an dalam kehidupan duniawi untuk melahirkan penghapal Alquran dan berbagai prestasi juga telah dilahirkan oleh Perguruan silat Taduang Bangkeh ini baik tingkat Nasional dan juga pernah mengikuti berbagai even di Kelantan Malasya.

baca juga: Ini Prosesi Pelepasan Jenazah Bupati Irdinansyah Tarmizi

Sementara itu Pakat Dewan IPSI Tanah Datar David Suhu Datuk Rajo Alam juga memberikan aspresiasi dengan program terpadu yang dilakukan Perguruan silat Taduang Bangkeh disamping anak-anak berlajar ilmu bela diri, berlajar hapal Alquran dan perguruan ini juga memiliki sarana perpustakaan Taduang Bangkeh dan satu Perguruan silat yang memiliki Perpustakaan di Sumatera Barat bahkan tidak itu anak anak yang berlajar diperguruan silat ini tidak dikenakan biaya dan gratis budaya silat merupakan budaya Minang yang mesti dilestarikan. Karena banyak daerah saat ini tidak peduli dengan budaya silat , sehingga ilmu dan kemahiran bersilat bagi generasi muda di jorong dan nagari di Sumatera Barat mulai menipis. 

"Padahal, kita tahu bahwa silat merupakan budaya tradisi masyarakat yang dekat dengan  surau dan mengaji sekaligus silat merupakan jatidiri bangsa yang menjadi kebanggaan sejak dahulunya," ujarnya. 

baca juga: Filosofi Ayam dan Silek Minang

Silat adalah budaya yang memperlihatkan pendidikan karakter, dimana didalamnya ada sikap sportifitas, jiwa besar, kekuatan, budi luhur, kecerdasan dan kepribadian saling menjaga harga harkat dan martabat dimasing-masing perguruan silat .

"Kita  berharap   budaya silat ini dapat berkembang secara baik disetiap nagari di Sumatera Barat. Selain sebagai permainan anak nagari, juga sebagai pendidikan berkakater bagi generasi muda, dalam memajukan pembangunan di nagari dan juga bisa melahirkan anak-anak penghapal Alquran," sebutnya.

baca juga: Padangpanjang dan Tanah Datar Siap Jadi Tuan Rumah Terbaik Porprov 2022

Sedangkan Ketua Perguruan silat Taduang Bangkeh Mustafa akmal Dt Sidi Ali mengakui kehadiran Perguruan silat Taduang bangkeh ini yang sudah berjalan sejak tahun 2011 tak terlepas atas dukungan masyarakat dan Wali Nagari dan Kepala Sekolah yang berdekatan dengan perguruan silat Taduang Bangkeh dan program terpadu yang dilakukan untuk memberikan penguatan kepada anak didik disamping raga mereka diisi dan rohani mereka juga dilatih melalui tahfidz sehingga kita igin anak anak binaan kita memiliki dua ilmu sekaligus sebagai modal jati diri mereka sebagai generasi muda yang bisa diandalkan baik untuk dirinya, sekolah maupun untuk masyarakat dan otak mereka juga diisi melalui buku perpustakaan yang kita sediakan disasaran Perguruan silat Taduang bangkeh. (*)

Penulis: Pundi F Akbar