PSSI Apresiasi Penampilan Wasit Asing di Liga 1

Shaun Evans (tengah) Bersama Dua Wasit Asing Lainnya yang Bertugas di Liga 1
Shaun Evans (tengah) Bersama Dua Wasit Asing Lainnya yang Bertugas di Liga 1 (Republika)

LIGA 1 , KLIKPOSITIF -- Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria memuji dan mengapresiasi penampilan wasit asal Australia, Shaun Evans dalam pertandingan Persib Bandung melawan PS TNI lalu.

Ia mengatakan, Evans menampilkan ketegasan dalam pengambilan keputusan saat pertandingan. Dengan seperti itu pertandingan bisa menjadi lebih seru.

baca juga: Liga 1 Bergulir Bulan Ini, Bagaimana Nasib Liga 2

"Ya secara teknis keputusan-keputusannya (wasit asing) tepat, tegas, tapi yang kita paling apresiasi adalah penghargaan pemain terhadap keputusannya," katanya.

Menurut dia, keterlibatan wasit asing tersebut merupakan highlight isu wasit di Indonesia, karena sebutnya selain tentang teknis kualitas wasit , isu kepercayaan dan reputasi pemain terhadap wasit juga penting.

baca juga: RESMI: PSSI Gelar Kompetisi 20 Agustus

"Kita kembalikan ke pemain untuk melihat secara objektif bahwa kemampuan wasit -wasit kita tidak jauh berbeda dengan wasit asing. Jadi performa wasit asing terlihat lebih maksimal, karena kita juga bisa melihat dari reaksi pemain dalam keputusan yang diberikan," ucap Ratu.

Sementara itu, Shaun Evans mengaku ia hanya melakukan apa yang harus dilakukan oleh wasit dalam sebuah pertandingan, "Tidak ada yang istimewa dari hal tersebut. Kami sangat terbantu dengan respect yang diberikan para pemain dalam keputusan kami di pertandingan," ujar Evans.

baca juga: TC Timnas Tergantung Pemerintah Terkait PPKM Level 4

Sebelumnya, PSSI menugaskan sebanyak enam wasit asing pada kedua Liga 1 . Enam wasit asing itu berasal dari Kirgistan dan Australia yang masing-masing mengirim tiga nama dalam paket periode pertama.

Wasit -wasit pemegang lisensi FIFA itu akan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017 mendatang, setelah enam wasit asing itu selesai bertugas di Indonesia, PSSI akan memilih lagi nama wasit asing lain pada periode kedua dan ketiga dari negara lain.

baca juga: 2 Wasit Indonesia Dipercaya Pimpin Pertandingan AFC Cup 2021

Enam wasit asing tersebut yakni Shaun Evans, Brown Wilson Kenneth, Lakrindis George, Rysbek Sherkerbekov, Artem Skopintsev, dan Eldiiar Salybaev.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa