Inilah Dua Pelajar Sumbar yang Bakal Mengibarkan Bendera Pusaka di Istana Negara

Pengukuhan Paskibraka 2017
Pengukuhan Paskibraka 2017 (Setkab)

KLIKPOSITIF -- Sebanyak 68 pelajar pilihan yang berasal dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia telah melakukan latihan persiapan pengibaran bendera pusaka di istana negara pada 17 Agustus nanti.

Seperti diketahui, anggota Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka selalu menjadi sorotan saat peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

baca juga: Sukses Sebagai Paskibraka Nasional, Pemkab Pessel Hadiahi Flora Flesia Bonus

Mereka dengan gagah dan sigap membawa dan mengawal Bendera Pusaka mengibar di atas tiang. Pada saat detik-detik kemerdekaan mata akan tertuju pada putra putri terbaik bangsa ini.

Satu lagi yang pasti menjadi incaran adalah sosok Paskibraka yang membawa baki Bendera Pusaka. Para anggota dan ‘perempuan cantik’ pembawa baki biasanya diumumkan sehari jelang upacara.

baca juga: Momentum HUT Kemerdekaan RI ke 76, Gerindra Sumbar Beri Penghargaan Legiun Veteran

Selama persiapan, 68 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) itu dilatih selama 30 hari di Cibubur, Jakarta Timur. Sebelum bisa ambil bagian dalam prosesi ini, puluhan pelajar tersebut telah menempuh proses seleksi yang ketat mulai dari tingkat Kota dan Provinsi.

Pelajar yang lolos seleksi tingkat Provinsi akan dipilih lagi dua yang terbaik untuk diutus sebagai perwakilan daerah di istana, dan sisanya akan bertugas mengibarkan bendera merah putih di pusat pemerintahan daerah.

baca juga: Harumkan Nama Payakumbuh, Wali Kota Riza Falepi Sampaikan Rasa Bangga Pada Paskibraka Bimo Dan Bayu

Dari Sumatera Barat, sepasang pelajar terbaik yang mewakili daerah di istana negara adalah pelajar yang berasal dari Payakumbuh dan Bukittinggi.

Kedua pelajar tersebut yakni, Ivan Auliya Kusuma pelajar dari SMA Negeri 1 Payakumbuh, dan Laras Ghita Salsabila dari SMA 3 Kota Bukittinggi.

baca juga: Kadisparpora Desmon Corina Sambut Kedatangan Paskibra Sumbar Bayu Tirta di Payakumbuh

Meski sudah menjalani latihan selama 30 hari dan dikukuhkan oleh presiden RI, Joko Widodo kemarin, dua pelajar asal Sumbar dan anggota Paskibraka lainnya belum mengetahui posisi mereka masing-masing saat prosesi pengibaran bendera nanti.

Wakil Koordinator Pelatih Paskibraka Mayor Inf Suswan mengatakan, posisi dalam upacara bendera nanti ditentukan 5 menit sebelum upacara dimulai.

"Semua anggota punya kesempatan jadi pembawa baki, pengibar bendera, dan penjaga tiang selama pengibaran dan penurunan bendera. Tapi posisi itu akan ditentukan 5 menit sebelum upacara, begitu juga komandan pasukan dan pemberi aba-aba," pungkasnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa