Lonceng "Big Ben" di Inggris Tak Berdetak Selama Empat Tahun

Lonceng
Lonceng "Big Ben" di menara jam terkenal di parlemen Inggris akan menghentikan dentangannya pada 21 Agustus mendatang. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Lonceng "Big Ben" di menara jam terkenal di parlemen Inggris akan menghentikan dentangannya pada 21 Agustus mendatang. Hal itu akan berlanjut hingga empat tahun kedepan selama pekerjaan renovasi dilakukan.

House of Commons mengatakan palu tersebut telah memukul lonceng 13,7 ton setiap jam selama hampir 157 tahun terakhir akan terkunci dan terputus dari jam, meskipun bong masih akan terdengar untuk acara penting seperti perayaan Tahun Baru. "Program kerja penting ini akan melindungi jam secara jangka panjang, sekaligus melindungi dan melestarikan rumahnya, the Elizabeth Tower," kata Steve Jaggs, Keeper of the Great Clock.

baca juga: Lahir dari Embrio, Molly Jadi Bayi Tertua di Dunia

Istana Westminster di tepi Sungai Thames, rumah bagi parlemen merupakan situs warisan dunia dan tempat wisata utama, dan Jaggs mendorong anggota masyarakat berkumpul di Parliament Square untuk mendengarkan pertandingan terakhir Senin depan.

Menara Elizabeth setinggi 96 meter, yang diyakini sebagai bangunan paling banyak difoto di Inggris Raya, sudah setengah terbungkus perancah sebagai bagian dari proyek renovasi besar.

baca juga: Tim Inovasi Semen Padang Raih 3 Platinum di Ajang ICQCC Bangladesh

Dilansir dari laman reuters, sebagai bagian dari karya jam perumahan Big Ben akan dibongkar dan masing-masingnya akan dicek dan diperiksa. Empat jarum jam akan dibersihkan dan diperbaiki, kerangka besi cor mereka diperbaharui.

Satu jam kerja wajah akan tetap terlihat setiap saat, menceritakannya secara diam-diam, dan akan didukung oleh motor listrik modern sampai mekanisme jam kerja asli dipulihkan. Semua lonceng lain yang berpadu setiap 15 menit akan diam juga selama pekerjaan yang akan selesai pada tahun 2021 ketika tol Big Bell yang familiar dimulai lagi.

baca juga: WMO: 2020 Jadi Tahun Terpanas Kedua dalam Sejarah

Penulis: Fitria Marlina