Ini Kronologis Bentroknya Dua Kelompok di Lembang Jaya Kabupaten Solok

Suasana di Lembang Jaya yang sudah mulai kondusif
Suasana di Lembang Jaya yang sudah mulai kondusif (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Peristiwa cakak banyak yang melibatkan dua kelompok masyarakat di Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya kabupaten Solok dipicu pengerjaan proyek pembukaan jalan baru di kawasan Jorong Mandailiang. Dari hasil penelusuran polisi, proyek tersebut diduga merupakan milik anggota DPRD Kabupaten Solok .

Kapolres Aro Suka AKBP Reh Ngenana menjelaskan, kejadian itu berawal dari proses Penunjukan Langsung (PL) atas pengerjaan proyek pembukaan jalan tersebut. Sebelumnya, pengerjaan proyek itu disebut-sebut sudah dipesan oleh Ismardi (Is) warga Koto Laweh.

baca juga: Kunjungi Korban Sodomi, Bupati Solok Minta Polisi Usut Tuntas

Namun entah mengapa, ketika berjalan, pengerjaan proyek Pokok Pikiran (Pokir), anggota DPRD berinisial JFP tu malah menyerahkan pengerjaannya kepada pihak lain, yakni pihak Alfianto, yang juga berasal dari warga Nagari yang sama.

"Tidak senang, pihak Is bersama 3 orang rekannya yakni Epi Kaliang, Can dan Dayat mendatangi langsung Alfianto di lokasi proyek ," sebut Kapolres didampingi Kasat Reskrim AKP Edwin dan Kasat Intel Iptu Sosmedia, Senin 21 Agustus 2017.

baca juga: Pasca Sidak Bupati Solok, UGD Puskesmas Tanjung Bingkung Kembali Buka 24 Jam

Kapolres melanjutkan, tak beberapa lama kemudian terjadi cekcok di lokasi proyek sekitar pukul 13.00 WIB. Perang mulut ini berbuntut pemukulan terhadap Alfianto oleh Epi kaliang dan Dayat sehingga menyebabkan luka robek di bagian hidung.

Kejadian itu memancing perhatian warga sekitar, masyarakat yang tak tega melihat Alfianto dihajar, bereaksi dengan melempar keempat pelaku dengan batu. Terancam, keempat pelaku langsung melarikan diri.

baca juga: Penarikan Ambulance Dari Nagari Tuai Kritikan Dewan, Ini Jawaban Bupati Solok

Seketika, keempat pelaku kembali dengan membawa sejumlah warga Koto Laweh dan menyerang ke Mandailing. Kelompok masyarakat Koto Laweh langsung melakukan pengrusakan rumah milik warga Mandailing tempat Alfianto melarikan diri.

"Kami sudah amankan 4 orang warga. Masing-masing Alfianto dan Amrianto warga Mandailing serta Epi Kaliang dan Ican warga Koto Laweh, sementara saudara Is dan Dayat ditangguhkan dulu karena masih dalam perawatan medis di RSU Solok dan Puskesmas Lembang Jaya ," terang Kapolres.

baca juga: Pelayanan Kesehatan Amburadul, Bupati Solok Naik Pitam

Baca berita sebelumnya : Bentrok di Lembang Jaya Kabupaten Solok " href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/18455/dua-kelompok-pemuda-bentrok-di-lembang-jaya-kabupaten-solok-">Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Lembang Jaya Kabupaten Solok

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R