SEA Games 2017: Futsal Putra Indonesia Takluk dari Malaysia

Indonesia Saat Mengalahkan Thailand di Laga Perdana
Indonesia Saat Mengalahkan Thailand di Laga Perdana (bola.com)

KLIKPOSITIF -- Tim futsal putra Indonesia takluk 0-5 dari Malaysia pada SEA Games 2017 di Shah Alam Panasonic Sports Complex, Selangor, Selasa (22/8/2017).

Hasil ini membuat Indonesia turun ke peringkat ketiga klasemen dengan raihan tiga poin dari dua pertandingan. Posisi pertama ditempati Malaysia dengan tujuh poin dari tiga laga, dan diikuti Thailand yang unggul selisih gol atas Indonesia .

baca juga: Dua Tim Tuan Rumah Takluk di Semifinal Turnamen Futsal Satria Perkasa Cup 2020

Menghadapi Malaysia , Indonesia memulai pertandingan lebih percaya diri. Apalagi pada laga sebelumnya, Indonesia menaklukkan favorit peraih emas, Thailand, dengan skor 4-2.

Pada awal pertandingan, asisten pelatih tim nasional Indonesia Yori van der Torren menurunkan Muhammad Albagir (kiper), Mochammad Iqbal, Tricahyo Ramadhan, Syauqi Saud, dan Subhan Faidasa.

baca juga: Dua Tim Tuan Rumah Lolos ke Babak Semifinal Turnamen Futsal Satria Perkasa Cup 2020

Adapun Malaysia mengandalkan Khairul Effendy untuk mendobrak pertahanan Indonesia . Beberapa kali, pemain bernomor punggung 7 itu berani menerobos lini belakang Indonesia .

"Tim awal" Indonesia kesulitan menembus pertahanan Malaysia . Memasuki menit ke-6, Yori van der Torren melakukan pergantian pemain. Andriansyah Agustin dan Ardiansyah Runtuboy masuk demi mengubah jalannya pertandingan.

baca juga: Turnamen Futsal Antar Distributor se -Sumbar Digelar di Padang

Namun, Malaysia bisa membuka skor melalui Ridzwan Bakri pada menit ke-12. Upaya Indonesia membalas gagal terwujud pada sisa pertandingan babak pertama. Skor 1-0 untuk Malaysia bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba tampil lebih menyerang. Namun, Malaysia bermain disiplin saat bertahan sehingga membuat para pemain Indonesia kesulitan menciptakan peluang.

baca juga: Penyair Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia

Malaysia kembali bisa mencetak gol pada menit ke-28. Lagi-lagi, gol untuk Malaysia dicetak Ridzwan Bakri setelah memanfaatkan umpan mendatar Khairul Effendy.

Tertinggal 0-2 dari Malaysia membuat Indonesia semakin tertekan. Terbukti, tuan rumah mampu mencetak dua gol tambahan pada menit ke-32 dan ke-34.

Indonesia  yang memainkan power play demi mencetak gol ke gawang Malaysia . Akan tetapi, usaha ini justru menjadi bumerang. Dari sebuah kesalahan pemain Indonesia , Malaysia mampu mencetak gol tambahan sekaligus menutup laga dengan kemenangan 5-0 atas Indonesia .

bola.com

Penulis: Rezka Delpiera