Digenangi Air, MIN 3 Padang Liburkan Siswa

Siswa di MIN 3 Padang bermain di genangan air yang ada di sekolah mereka.
Siswa di MIN 3 Padang bermain di genangan air yang ada di sekolah mereka. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- 986 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kota Padang yang terletak di Jalan Gajah Mada, tepatnya di belakang Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Padang diliburkan akibat genangan air yang mencapai ketinggian kurang lebih 20 sentimeter.

Kepala Sekolah MIN 3, Yul Efendi menyatakan untuk meliburkan siswanya karena empat dari sembilan lokal di sekolah itu sudah tergenang air. "Kami mengambil keputusan untuk meliburkan siswa karena sudah tidak bisa melangsungkan proses belajar mengajar," ujarnya.

baca juga: Kadinkes Padang Prediksi Akan Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran

Dia mengatakan, sebelum jam sekolah, air sudah memasuki pekarangan dan menggenangi enam ruangan yaitu empat lokal, satu ruang guru dan satu ruangan perpustakaan. "Kalau air mulai masuk diperkirakan sejak subuh, tapi kami tahunya saat jam sekolah mulai," lanjutnya.

Dalam pantauan KLIKPOSITIF , genangan air telah mengenai seluruh pekarangan sekolah seperti taman, lapangan dan empat lokal yang digunakan untuk proses belajar-mengajar. Beberapa siswa juga terlihat masih berada di pekarangan sekolah sambil bermain air meakipun sekolah telah menyatakan libur.

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga, 347 Diantaranya Lansia

Sementara, kebanyakan dari siswa telah dijemput oleh orangtuanya. "Lokasi sekolah kami ini memang sering terkena dampak banjir jika hujan deras melanda," ujarnya.

Dia mengatakan tidak hanya sekolahnya, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Padang yang merupakan terangganya juga meliburkan siswanya. Menurutnya, kejadian tersebut merupakan ke tiga kalinya dalam tahun 2017 pihaknya meliburkan siswa karena dampak banjir tersebut.

baca juga: Kembali Dari Kampung, Warga Diimbau Lakukan Tes Swab

Kejadian terbesar dikatakan saat bulan ramadan lalu saat siswa juga diliburkan sesuai instruksi oleh Wali Kota Padang saat itu.

[Halbert Caniago]

baca juga: Libur Lebaran, Puskesmas di Padang Sepi

Penulis: Agusmanto