SEA Games 2017 : Dikalahkan Malaysia, Timnas U-22 Gagal ke Final

Timnas U-22 beri penghormatan kepada suporter Indonesia.
Timnas U-22 beri penghormatan kepada suporter Indonesia. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas U-22 gagal melaju ke semifinal cabang olahraga (cabor) sepakbola setelah dikalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dari Malaysia diciptakan Thanibalan dari servis bola mati melalui tendangan sudut di menit ke-86.

Sejak babak pertama, Indonesia terlihat mendominasi pertandingan. Bahkan, mengurung lini pertahanan Malaysia . Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Serangan yang dibangun dari sisi sayap pun masih dipatahkan oleh para pemain belakang Malaysia .

baca juga: Kembali Rekrut Pemain, PSS Sleman Datangkan Pemain Asal Argentina

Memasuki babak kedua, Malaysia justru lebih menguasai pertandingan ketimbang Indonesia . Giliran Indonesia yang mendapat serangan dari para pemain Malaysia . Setidaknya, Indonesia hanya dua kali melakukan shot on target dan empat kali serangan sepanjang babak kedua.

Sebaliknya, Malaysia justru mulai meningkatkan tensi dan menyerang pertahanan Indonesia . Di babak kedua ini, Malaysia mendapatkan lebih dari enam kali tendangan sudut. Selain itu, tekanan dari sisi sayap Malaysia juga berkali-kali membahayakan Satriatama.

baca juga: Terus Melempem, Liverpool Diminta Segera Lupakan Manisnya Masa Lalu

Petaka itu pun hadir di menit ke-86. Dari kesalahan fatal I Putu Gede karena berlama-lama dengan bola di area pertahanan Indonesia , Jafri berhasil melakukan intercept dan merebut bola namun mental dan menghasilkan tendangan sudut. Bola mati yang ditendang tersebut diarahkan tepat ke Thanabalan yang berdiri bebas.

Bola tendangan lambung tersebut diterima dengan baik dan diarahkan ke sisi kiri Satriatama. Bola pun mendarat mulus ke dalam gawang. 1-0 Malaysia unggul. Meski berupaya membalas, skor tidak berubah hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan dan Malaysia berhak ke final.

baca juga: Laga Timnas Indonesia U-23 Batal Digelar, Dokter Tirta: Itu Sinetro yang Viral Aja Emak-emak Pada Nobar

Di babak final, Malaysia akan berhadapan dengan Thailand, sedangkan Indonesia akan melakoni laga perebutan tempat ketiga melawan Myanmar. (*)

Penulis: Agusmanto