Pemkab Pessel Jadi Delegasi Indonesia Guna Promosikan Daerah di Kanada

Bupati Pessel Hendrajoni bersama istri Lisda Hendrajoni (Kanan), Gubenur Sumbar Irwan Prayitno bersama istri Nevy Prayitno (Tengah), dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bersama istri Rena Ali Mukhni (kiri), di Gedung Aberden Pavillion Kota Ottawa Kanada
Bupati Pessel Hendrajoni bersama istri Lisda Hendrajoni (Kanan), Gubenur Sumbar Irwan Prayitno bersama istri Nevy Prayitno (Tengah), dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bersama istri Rena Ali Mukhni (kiri), di Gedung Aberden Pavillion Kota Ottawa Kanada (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, diutus sebagai delegasi dalam mempromosikan kesenian, budaya dan pontensi lokal daerah yakni Kawasan Wisata Bahari Terpadu (Mandeh) pada Indonesia Festival dan Business Forum 2017 di Ottawa Kanada. 

Kegiatan ini terselengara atas kerjasama Kedutaan Besar (Kedubes) RI dan Pemerintah Ottawa Kanada dalam pengembangan promosi bisnis antar negara di dunia. Selain keikutsertaan Pemkab Pessel sebagai delegasi Indonesi di Kanada, ada Gubenur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Padang Pariaman serta provinsi lainnya yang ada di Indonesia seperti, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Kalimantan Utara.

baca juga: Sempat Tersendat, Saat Ini Pesanan Estalase di Pessel Mulai Laris Manis

" Wisata Mandeh dipresentasikan langsung oleh Pak Gubenur. Selain itu, kita juga mempromosikan keunggulan Dekranasda Pesisir Selatan pada pada Indonesia Festival dan Business Forum 2017 di Ottawa Kanada," terang Ketua TP-PKK Lisda Rawdha Hendrajoni saat mendampingi Bupati Pessel , Hendrajoni di Kanada.

Menurutnya, dalam mempromosikan keunggulan Dekranasda di Kanada tersebut, Lisda Rawdha bersama Bupati Hendrajoni membawa produk khas dari Pessel seperti, rendang lokan, kerajinan tangan dari tempurung, batik tanah liek, sulaman bayangan dan tas batik tanah liek ke negara itu.

baca juga: Diluncurkan Kemendes, Pessel Kini Miliki Tiga Kampus Nagari

"Kita kesini membawa rendang lokan, kerajinan tempurung, batik tanah liek, sulaman bayangan, bahkan tas dari bahan batik tanah liek. Kita harap semua peserta pada Indonesian Festival 2017 ini jadi mengenal produk khas Pessel di luar negeri," jelas istri Bupati yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ini.

Selama menjalankan tugas dalam promosi daerah di Kanada tersebut, ia sangat mengharapkan kegiatan itu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Pesisir Selatan. Terutama untuk mempromosikan kemajuan di daerah itu, khususnya Sumbar.

baca juga: Tahun Ini, Hewan Kurban di Pessel Berkurang

"Tentunya dengan pengenal Pessel di Kanada, hal ini akan mdmberikan dampak positif bagi daerah dengan setiap potensi dari berbagai sisi yang ada di Pessel ," ujarnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

baca juga: Pemkab Pessel Kucurkan Rp6,7 Miliar untuk Bangun Gedung Penyakit Paru di RSUD Painan

Penulis: Webtorial