Presiden Kurban Sapi 1 Ton di Masjid Raya Sumbar

ilustrasi satu ton
ilustrasi satu ton (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali menyumbang satu ekor sapi kurban seberat satu ton untuk Sumbar . Sapi tersebut berjenis Simental yang didatangkan dari Kabupaten Agam.

Penyembelihan sapi ini akan dilangsungkan di Masjid Raya Sumbar usai salat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah. "Idul Adha tahun lalu Presiden Jokowi mengirimkan seberat 1,2 ton," ujar Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar , Ali Asmar saat ditemui diruang kerjanya, Senin 28 Agustus 2017.

baca juga: Tiga Dokter di Sumbar Gugur Selama Pandemi Covid-19

Sapi kurban Presiden ini dicarikan langsung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar . Sehingga, untuk kesehatannya pasti sudah dilakukan pengecekan sebelum dikurbankan dan dipastikan sehat.

Setelah penyembelihan daging sapi akan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid, masyarakat kurang mampu dan panti asuhan.

baca juga: Tidak Hanya Bonus, Wagub Sumbar Janji Akan Berikan Posisi ASN Untuk Atlet Berprestasi

Selain sapi kurban dari Presiden , sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumbar menurut Ali juga berinisiatif untuk melaksanakan kurban bersama di kantor gubernur setempat. Hingga saat ini sudah terkumpul sembilan ekor sapi dari OPD dan satu ekor sapi dari Dharmawanita Sumbar .

"Dharmawanita pusat melalui Dharmawanita Sumbar juga menyalurkan satu ekor hewan kurban di Padang," katanya.

baca juga: DPRD Janji Akan Carikan Dana Tambahan Untuk Kontingen PON Sumbar yang Akan Berjuang di Papua

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar , Erinaldi menjelaskan, sapi kurban dari Presiden berasal dari petani di Kabupaten Agam, berjenis simental.

"Untuk kesehatan sapinya telah diperiksa dan dinyatakan sehat, dibawa ke Masjid Raya Sumbar satu hari sebelum pelaksanaan penyemblihan hewan kurban," tuturnya.

baca juga: Sambut HUT RI, Bupati Solsel : ASN Agar Menjadi Contoh Bagi Masyarakat

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto