SEA Games 2017 : Angkat Berat Indonesia juga Sumbang Satu Emas

Lifter Indonesia raih medali emas.
Lifter Indonesia raih medali emas. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Tim angkat besi Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali emas Indonesia di ajang SEA Games 2017. Medali emas tersebut dipersembahkan oleh I Ketut Ariana dari cabang angkat berat yang turun di kelas 77 kg putra, Selasa 29 Agustus 2017.

I Ketut Ariana membukukan total angkatan terbaik 325 kg, terdiri atas 147 kg snatch dan 178 kg clean and jerk. Atlet asal Bali tersebut mengalahkan lifter Vietnam, Nguyen Hong Ngoc dan Malaysia, Loro Wellkinson Peuji, yang meraih medali perak dan perunggu.

baca juga: Diduga Lakukan Penambangan Emas Ilegal, 8 Warga Sawahlunto Dibekuk Polisi

Nguyen membukukan total angkatan 307 kg, sedangkan Peuji hanya 295 kg. Keduanya terpaut cukup dibanding Ketut Ariana. Ketut Iriana tampil sangat perkasa pada nomor ini. Angkatan snatch-nya unggul dibandin Nguyen dan Peuji yang masing-masing hanya membukukan 140 kg dan 135 kg.

Pada angkatan clean and jerk, Ketut Iriana juga hampir tanpa pesaing. Tiga percobaan angkatan yang dilakukannya sukses semua, mulai dari 171 kg, kemudian 175 kg, dan diakhiri dengan 178 kg.

baca juga: Harga Emas Dunia Kembali Melorot Akibat Penguatan Dolar

Sementara itu, Nguyen hanya mampu mengangkat clean and jerk seberat 167 kg. Saat mencoba angkatan 183 kg dan 186 kg, Nguyen gagal menunaikan tugasnya. Peuji juga hanya mampu mengangkat clean and jerk seberat 160 kg.

Dengan hasil ini, angkat besi sudah menyumbangkan dua medali emas dan dua medali perak pada SEA Games 2017. Satu medali emas sebelumnya disumbangkan Deni pada kelas 69 kg. (*)

baca juga: Harga Emas Batangan Bergerak Naik, Masih di Bawah Rp 1 Juta Per Gram

sumber : bola.net

Penulis: Agusmanto