Polres Bukittinggi Buka Posko Pengaduan Korban First Travel

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF  -- Polres Bukittinggi membuka Posko Pengaduan Jamaah Calon Umroh korban Firts Travel. Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan, posko itu dibuka sejak Rabu 30 Agustus 2017.

"Iya, sudah kami buka," sebut Kapolres saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF via aplikasi pesan instan.

baca juga: Sedang Paketkan Sabu, Pasutri di Bukittinggi Diciduk Polisi

Sebut Kapolres, bagi calon Jamaah di wilayah hukum Polres Bukittinggi yang merasa tertipu dengan Firts Travel, diimbau untuk melapor. "Sebaiknya memang melapor. Silahkan lapor ke bagian Reskrim," jelasnya.

Menurut Kapolres, di wilayah Bukittinggi dan sekitarnya, sesuai data dari pusat yang diperolehnya, diduga ada jamaah calon umroh yang menggunakan jasa Firts Travel.

baca juga: Dirut RSOMH Bukittinggi : Tak Ada Lagi Pasien-pasien yang Tergeletak di Depan Menunggu

"Indikasinya ada, soal angkanya kami tidak bisa menyebutkan. Estimasinya cukup banyak. Jadi ya sebaiknya melapor," imbau Kapolres.

Sementara Pihak Kemenag Bukitinggi sendiri juga tidak mengetahui secara pasti jumlah jamaah pemakai jasa Firts Travel maupun biro jasa tak resmi lainnya.

baca juga: Bukan Conte, Real Madrid Pilih Carlo Ancelotti Jadi Pelatih

Kata Kakanmenag Bukittinggi Abrar Munanda, semua Travel resmi yang terdaftar, semua datanya ada di Kanwil Kemenag Sumbar.

"Jadi yang resmi itu untuk Bukittinggi ya sama dengan di Padang, namun tentu tak semua Travel resmi tersebut membuka cabangnya di sini," jelasnya.

baca juga: DPRD Sumbar Sorot Peningkatan Kasus COVID-19 di Bukittinggi dan Agam

Terkait yang tidak resmi sebut Kakanmenag, tentunya pihak Imigrasi yang mengurusi masalah paspor akan mengecek langsung ke Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota terdaftar atau tidaknya.

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R