Sempat Ditahan di Mesir, Dua Mahasiswa Sumbar Akhirnya Dipulangkan

Muharnis dan Elvis, orang tua dari Nurul Islami
Muharnis dan Elvis, orang tua dari Nurul Islami (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Dua mahasiswa asal Sumbar yang ditahan sejak awal Agustus 2017 lalu oleh pihak Keamanan Aga Mesir dijadwalkan akan bertolak dari Kairo, Mesir ke Indonesia pada Jumat 1 September 2017 yang bertepatan dengan Idul Adha.

Muharnis dan Elvis, orang tua dari Nurul Islami saat ditemui KLIKPOSITIF , Kamis 31 Agustus 2017 di kediamannya di Jorong Koto, Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota mengaku senang dan bahagia terkait rencana kepulangan anaknya itu. Pasalnya, sejak dijadwalkan 19 Agustus 2017 lalu hingga beberapa kali pengunduran kepulangan, ia agak cemas dan merasa was-was akan nasib anaknya.

baca juga: Tiga Pemudik Asal Payakumbuh Hanyut Saat Mudik Lebaran, Pencarian Korban Akan Dilanjutkan Pagi Ini

"Alhamdulillah kami mendapat kabar pada Selasa 29 Agustus 2017 bahwa Nuis dan Hadi direncanakan akan pulang pada tanggal 1 September 2017. Hal ini dibuktikan dengan dikirimkannya tiket atas nama Nurul Islami dan Muhammad Hadi melalui WhatsApp kepada saudaranya Nuis yaitu M. Khaironi," ujar Muharnis atau yang akrab disapa Buk Mus.

Ia mengatakan, informasi kepulangan anaknya juga diterima dari penasehat Kesepakatan Mahasiswa Minang (KMM) Edi yang memberitahukan kepada M. Khaironi. Sebelumnya, pihak keluarga mengatakan sangat cemas mendengar kabar pengunduran kepulangan anaknya beberapa waktu lalu.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

"Kami juga terus mencari informasi dan akhirnya dapat berkomunikasi dengan Gubernur. Alhamdulillah Gubernur melalui pesan singkatnya mengatakan akan membantu. Kemudian akhirnya kami dapat kabar bahwa pihak Kedubes berhasil menemui keduanya dan memastikan kondisi Nuis dan Hadi sehat dan baik," kata Buk Mus.

Kepada KLIKPOSITIF , Muharnis mengaku telah berkomunikasi dengan pihak Kedubes RI. Ia mengaku sangat lega karena anaknya dalam kondisi baik-baik saja, dan sangat berharap anaknya bisa kembali ke rumah dengan aman dan selamat.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

[Ade Suhendra]

Penulis: Iwan R