Membandingkan Timnas Era Egy dengan Evan Dimas, Ini Kata Mantan Pelatih Timnas

Egy Maulana Vikry cs Merayakan Gol
Egy Maulana Vikry cs Merayakan Gol (bola.com)

KLIKPOSITIF -- Timnas U-19 bermain dengan cukup apik di Piala AFF U-18 2017. Skuat Garuda Nusantara meraih dua kemenangan masing-masing atas tuan rumah Myanmar 2-1 dan menghantam Filipina dengan skor 9-0.

Hasil itu membuat tim asuhan Indra Sjafri sementara berada di posisi kedua dengan 6 poin atau hanya kalah selisih gol dari Vietnam di puncak klasemen.

baca juga: Dengan Protokol Kesehatan Ketat, Timnas U-16 Kembali Jalani TC

Performa impresif Rachmat Irianto dkk mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Mantan pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong mengakui kualitas para pemain saat ini hampir sama saat jadi juara Piala AFF U-19 tahun 2013. Hanya saja, skuat saat ini unggul dalam naluri menyerang.

''Dari kualitas pemain luar biasa, hampir sama seperti era Evan Dimas cs. Tapi naluri gol saat ini cukup tinggi dan saya angkat topi untuk itu,'' kata Eduard Tjong dilansir dari bola.com

baca juga: Timnas U-16 akan TC di Bekasi, Bima Sakti Panggil 26 Pemain

Timnas Indonesia U-19 memang tampil produktif selama perhelatan Piala AFF U-18. Total mereka sudah mencetak 11 gol selama dua pertandingan. Uniknya, produktivitas gol tak hanya berasal dari pemain depan.

Egy Maulana Vikri memang masih jadi top scorer sementara tim dengan empat gol. Namun para gelandang juga mampu menceploskan bola ke gawang lawan, termasuk Feby Eka Putra yang mencetak hattrick ke gawang Filipina dan Muhammad Iqbal yang sudah mencetak dua gol.

baca juga: Terkait Persiapan Timnas Indonesia Jelang Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ini Kata Indra Sjafri

''Oke kualitas Filipina memang di bawah kita, namun secara permainan dan juga naluri gol sudah terlihat dan pantas meraih hasil itu. Tergantung mental pemain nantinya,'' ucap dia.

Pelatih yang akarab disapa Edu itu menilai potensi untuk meraih gelar juara sangat terbuka dengan melihat performa yang ditunjukkan penggawa Timnas Indonesia U-19. Laga melawan Vietnam, Senin (11/9/2017), akan menjadi patokan kekuatan Timnas Indonesia U-19.

baca juga: Shin Tae Yong Pantau Asupan Makanan Pemain Timnas U-19

''Sekarang patokan lawan Vietnam. Kalau bisa menang, saya yakin kans juara  Timnas Indonesia U-19 sangat terbuka karena kualitas Malaysia maupun Thailand saya rasa hampir sama,'' ujar pelatih Persis Gotong Royong itu.
 
 

Penulis: Rezka Delpiera