Menpan: Tak Seorang pun Bisa Bantu Loloskan Tes CPNS

Menteri PANRB Asman Abnur didampingi Sekjen Kemenkum HAM Bambang Rantam S. berbincang-bincang dengan peserta SKD di Kanreg BKN Denpasar, Bali, Senin (11/09).
Menteri PANRB Asman Abnur didampingi Sekjen Kemenkum HAM Bambang Rantam S. berbincang-bincang dengan peserta SKD di Kanreg BKN Denpasar, Bali, Senin (11/09). (menpan.go.id)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menjamin tes CPNS 2017 bebas dari calo.

"Dengan sistem seleksi terbuka sekarang ini tidak ada yang bisa membantu meloloskan. Mereka hanya bisa mengandalkan kemampuan yang dimiliki," ujarnya saat meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM di Bali.

baca juga: Didominasi Kasus Bolos, 27 PNS Diberhentikan

Menurutnya, tes CPNS 2017 tahapnya sangat ketat. Tes ini diharapkan dapat memperoleh pegawai ASN pilihan.

Untuk tahun 2017, pendafataran CPNS telah dibuka untuk Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung. Pelamar yang lulus seleksi di dua lembaga ini sedang menjalani tes Kompetensi Dasar.

baca juga: Sistem CAT dan Help Desk, Tutup Celah Kecurangan Dalam Seleksi CPNS

Pada 11 September, dibuka lagi peluang menjadi ASN di 60 kementrian dan satu provinsi yang saat ini masih dalam tahap pendafataran hingga 25 September 2017.

Tak perlu buru-buru

baca juga: Anak Pedagang Ini Raih Nilai Tertinggi SKD CPNS BPK

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Herman Suryatman mengingatkan agar masyarakat teliti serta tidak tergesa gesa dalam mendaftar CPNS tahap dua. Sebab satu pelamar hanya diperbolehkan melakukan satu kali pendaftaran pada satu jabatan di satu Kementerian dan Lembaga. “Pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi, satu jabatan, dan satu formasi,” ujarnya di Jakarta.

Sebagai contoh, pelamar yang mendaftar di Kementerian Keuangan, pada jabatan Analis Hukum dan jenis formasi Cumlaude, tidak boleh mendaftar lagi pada Kementerian Pemuda dan Olahraga pada jabatan Analis Keolahragaan dan formasi umum.

baca juga: Mau Ujian CPNS Periode II, Ini Alamat Lokasi Mandiri Pelaksanaan Tes SKD

Herman mengimbau masyarakat agar mendaftar pada K/L sesuai minat dan kualifikasi, untuk itu harus dipersiapkan berkas berkas sesuai dengan ketentuan masing masing K/L. Karena memang setiap K/L menetapkan persyaratan yang berbeda beda, untuk itu pelamar diminta membaca dengan teliti dan mencermati seluruh keterangan baik syarat, jadwal pedaftaran, serta mekanisme pendaftaran dimasing masing instansi.

Lebih lanjut ia menyampaikan bagi para pelamar CPNS putaran I yang tidak lolos seleksi administrasi dapat kembali melakukan pendaftaran pada putaran kedua ini. Para pelamar dapat langsung mengakses website sscn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran, kemudian bagi pelamar yang ingin mendapat informasi seputar CPNS dapat mengakses situs resmi pemerintah melalui menpan.go.id dan bkn.go.id. (*)

Penulis: Pundi F Akbar