Padang Miliki 60 CCTV di 22 Persimpangan

Pemantauan arus lalulintas di Kota Padang melalui CCTV
Pemantauan arus lalulintas di Kota Padang melalui CCTV (KLIKPOSITIF/Halber)

PADANG , KLIKPOSITIF -- 22 persimpangan yang ada di Kota Padang telah memiliki CCTV untuk pemantauan jalur lalulintas . Meskipun begitu, CCTV tersbut belum dipergunakan untuk menegur pelanggar lalu lintas.

"Kami sebagai operator, belum diinstruksikan untuk melakukan teguran dari pimpinan kami," ujar salah satu operator CCTV lalulintas , Andry Froza Rosy, di Padang (15/9).

baca juga: Dilumpuhkan dengan Tembakan, Maling Kos-kosan di Padang Menyerah

Ia mengatakan, di 22 persimpangan tersebut juga telah dipasang pengeras suara yang langsung terhubung ke tempat pemantauan CCTV.

"Kalau pengeras suara sudah dipasang, tapi belum diinstruksikan untuk melakukan imbauan kepada pengendara yang melanggar," lanjutnya.

baca juga: Kupak Rumah Warga, Seorang Pria Ditembak Polisi

22 persimpangan tersebut terletak di sepanjang Jalan Bagindo Azis Chan sampai Jalan S Parman. Selain itu, di sepanjang Jalan Jati sampai Jalan Alai juga terpasang CCTV tersebut.

Meskipun begitu, CCTV yang aktif hanya di 21 persimpangan. Sementara satu persimpangan yang tidak aktif CCTVnya di Simpang Presiden.

baca juga: Luhut Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Kalau Bagus Jalan Terus

"Kalau jumlah CCTVnya sebanyak 60 unit dan selalu dipantau di sini," ujarnya.

Operator CCTV menjelaskan, untuk melakukan pemantauan, mereka menerapkan sistem piket yang terdiri dari piker pagi hingga siang dan piket siang hingga malam.

baca juga: Rizieq Shihab Diperiksa Soal Kerumunan, FPI Sebut Itu Kriminalisasi

CCTV yang terpasang itu tetap hidup 24 jam, untuk memantau kemacetan. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri