Daerah di Sumbar Ini Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Nagari

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Wagub Narul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal melaunching Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok, Senin (18/9)
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Wagub Narul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal melaunching Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok, Senin (18/9) (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumatra barat ( Sumbar ) menjadi daerah percontohan kedua setelah Jogjakarta yang meluncurukannya Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) bagi masyarakat yang ada di Nagari untuk pengurusan surat kendaraan bermotor.

"Untuk itu kami sangat apresiasi respon cepat dan insiasi baik dari pemda, Samsat, Kepolisian dan instansi terkait yang ada di Sumbar . Sehingga ini sejalan dengan program prioritas Korlantas Polri ," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa saat melakukan launching Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Koto Baru, Senin (18/9).

baca juga: Kabupaten Solok Bakal Vaksinasi Covid-19 Massal, Menolak Akan Disanksi

Ia menambahkan, Samsat Nagari dibentuk berdasarkan pertimbangan dari populasi pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga berpengaruh terhadap registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, khususnya dalam hal pelayanan publik di bidang Kesamsatan.

"Semoga saja dengan adanya samsat desa ini mempermudah masyarakat dalam perpanjangan STNK dan yang lainnya, mudah-mudahan kita bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," katanya.

baca juga: Akrab Dengan Teknologi, Anak Muda Punya Peluang Besar Mengembangkan Usaha

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar , Nasrul Abit berharap dengan adanya Samsat Nagari dapat memudahkan warganya dalam mengurus surat-surat kendaraan terutama yang tinggal di pelosok Nagari. Sehingga, masyarakat nagari tidak perlu jauh ke kota untuk mengurus surat kendaraanya, karena sudah ada di nagarinya.

"Untuk itu, adanya Samsat Nagari ini sangat membantu masyarakat yang ada di Nagari, sehingga dapat juga terlayani dalam hal pelayanan pengurusan kendaraan bermotor. Apalagi kita di Sumbar menjadi daerah percontohan dalam pelayanan ini," tandasnya.

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

Ia berharap, dioperasionalkannya Samsat Nagari di Sumbar , yakni di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang, Kabupaten Solok Selatan dapat menjadi contoh dari nagari lainnya ada di Sumbar sehingga masyarakat dapat terlayani memenuhi kewajibannya membayar pajak dengan mudah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi di Kabupaten Solok , Yustanoverison menyebutkan, inovasi ini merupakan varian terbaru dalam pelayanan Samsat kepada masyarakat. Terutama yang ada di Nagari dalam pengurusan kendaraan bermotor. Sehingga, ada pelayanan ini yang memiliki teknologi informasi tidak ada lagi jarak dan waktu dalam hal pelayanan.

baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Menkeu Dorong Akselerasi Penggunaan Anggaran

"Jadi, kami akan berikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat dengan berapa varian yang inovatif. Seperti beberapa varian terdahulu yakni Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, Samsat ATM, Gerai Samsat dan kali ini Samsat Nagari. Semua itu untuk pelayanan ke masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, Samsat Nagari atau Desa secara nasional disebut sudah ada di beberapa daerah, sebagai daerah percontohan pertama Daerah Istemewa Yogyakarta. Mulai dari Desa Bambang Lipuro di Bantul, Semugih di Gunung Kidul, Palihan di Kulon Progo, dan Wirogunan di Kota Yogyakarta. Dan, kedua di Sumbar yakni ada di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang, Kabupaten Solok Selatan . Kedepannya seluruh polda di setiap provinsi akan membuat Samsat Desa di seluruh Indonesia. (Joni Abdul Kasir)

Penulis: Eko Fajri