PLN Bangun Jaringan Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Petugas PLN tengah melakukan pemasangan jaringan baru di Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tua Pejat,
Petugas PLN tengah melakukan pemasangan jaringan baru di Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tua Pejat, (Humas PLN Wilayah Sumbar)

KLIKPOSITIF PT PLN (Persero) Wilayah Sumbar tengah giat melakukan berbagai upaya untuk menjamin keandalan pasokan listrik . Salah satunya terlihat dari pekerjaan pembangunan jaringan baru JTM sepanjang 7,3 KMS di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Jaringan baru JTM ini merupakan jaringan express yang berfungsi untuk memperkuat sistem kelistrikan yang berada di akses vital Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tua Pejat, serta area perkantoran.

baca juga: Positifers, Ini Bahaya Main Layang-Layang Dekat Jaringan Listrik

General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Yusuf menyebutkan, sampai saat ini pembangunan sudah berjalan sebanyak 20%. PLN menargetkan jaringan baru JTM ini akan selesai dan dapat beroperasi pada awal Oktober 2017 nanti.

“Pekerjaan pembangunan jaringan baru tersebut sudah kami rencanakan sejak lama, tetapi baru bisa direalisasikan pada akhir bulan Agustus ini karena beberapa kendala yang dihadapi petugas PLN dilapangan seperti kendala akses transportasi material yang sulit dan cuaca yang kurang bersahabat. Namun PLN tetap berkomitmen menyelesaikannya dengan cepat sehingga keandalan listrik di daerah tersebut semakin meningkat,” ujar Bambang Yusuf.

baca juga: Apa Itu Listrik Pintar?

Penambangan jaringan baru JTM tersebut, bertujuan untuk memperkuat keandalaan listrik apabila terjadi gangguan di penyulang Goisooinan, mengingat penyulang tersebut merupakan salah satu penyulang yang rawan gangguan. PLN tidak ingin terjadi gangguan listrik yang menyebabkan terjadinya padam, khususnya pada area vital dan perkantoran.

Kebetulan, pada jalur penyulang tersebut merupakan akses listrik untuk Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Polres, serta Kantor Pemda lainnya.

baca juga: Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Manager Rayon Tua Pejat, Aprinaldo, juga mengungkapkan bahwa, pembangunan jaringan baru JTM ini akan meningkatkan keandalan listrik pada tempat-tempat yang selama ini rawan terhadap gangguan.

“Dengan adanya pembangunan jaringan baru JTM ini, jadi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan di feeder, maka tidak akan mempengaruhi jalur perkantoran dari km 4 sampai dengan Kilometer 12,” tutur Aprinaldo.

baca juga: Dukung Pengentasan Kemiskinan, PLN Raih Penghargaan Best TJSL 2021 with Outstanding

“Makin cepat penyelesaian jaringan, maka akan makin terjamin dan pasokan listrik makin andal,” ungkap Aprinaldo lagi.(*)

Penulis: Khadijah