Ombudsman: Seleksi CPNS Lima Tahun Terakhir Jauh Lebih Baik

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja memaparkan kebijakan SDM Aparatur dihadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dan Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai di command center Kementerian PANRB.
Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja memaparkan kebijakan SDM Aparatur dihadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dan Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai di command center Kementerian PANRB. (menpan.go.id)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengatakan bahwa sistem seleksi CPNS yang dilakukan lima tahun terakhir sudah menunjukkan perbaikan.

"Sudah mulai muncul kepercayaan masyarakat terhadap rekrutmen CPNS," ujarnya dalam pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur di Jakarta.

baca juga: Pedaftaran Seleksi CPNS Berakhir Hari Ini, Ingat Syarat-syarat Ini Harus Dipenuhi

Amzulian Rifai yang didampingi Anggota ORI Alvin Lie merupakan tamu Menteri PANRB pertama yang diterima di Command Center, sejak dilaunching beberapa waktu silam.

Kunjungan ini dilakukan untuk mempererat kerjasama antara kedua belah pihak khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di tanah air. "Terima kasih atas respon positif bekerjasama untuk LAPOR,” ujar Menteri Asman.

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

Dalam kesempatan itu, Menteri Asman didampingi oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Rini Widyantini, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja dan sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian PANRB.

Menteri mengatakan, dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT), pelaksanaan seleksi CPNS kini semakin objektif, transparan dan bebas dari KKN. "Saya yakin sudah tidak ada celah lagi untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktek percaloan," tegas Asman.

baca juga: Tjahjo Kumolo : ASN Harus Bergotong Royong Bersama TNI Polri

Ketua Ombudsman RI menambahkan, untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, harus dilakukan perbaikan birokrasi. "Tidak mungkin memperbaiki pelayanan publik tanpa memperbaiki birokrasi," katanya.

Pemerintah mempunyai tantangan besar untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Disamping memperbaiki kualitas SDM, rekrutmen CPNS yang berjalan dengan baik juga akan mengubah stigma negatif masyarakat. (*)

baca juga: Peluang Jadi PNS Terbuka, Sumbar Buka Pendaftaran 1.176 Formasi CPNS dan PPPK 2021

sumber: menpan.go.id

Penulis: Pundi F Akbar