Besok, KPU Pasaman Gelar Pendaftaran Parpol untuk Pemilu 2019

KPU Pasaman memberikan Bintek dan Sosialisasi kepada pengurus Parpol di Pasaman
KPU Pasaman memberikan Bintek dan Sosialisasi kepada pengurus Parpol di Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Koordinator Divisi Hukum KPU Pasaman , Aslamiyah mengatakan partai politik ( Parpol ) di Pasaman sudah bisa mendaftarkan partainya di KPU Pasaman mulai besok pagi, Selasa 3 Oktober 2017.

"Berkas yang diserahkan ke KPU Pasaman adalah salinan KTA dan KTP Elektorik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bahwa anggota sedang melakukan proses perekaman E-KTP," ujarnya.

baca juga: Komisi II DPR Berharap Pemilu 2024 Tidak di Bulan Ramadhan, Ini Alasannya

Hal tersebut disampaikan KPU Pasaman dalam Bintek dan sosialisasi Tahapan Pendaftaran, Penelitian Administrasi dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 serta Tatacara penggunaan Sipol bersama pengurus partai politik, Senin 2 Oktober 2017

Menurut Aslamiyah, pendaftaran akan berakhir 16 Oktober mendatang. Bagi yang tidak mendaftar atau tidak melengkapi persyaratan, maka, partai politik tersebut tidak bisa mengikuti Pemilu 2019 di Pasaman .

baca juga: Gubernur Sumbar: Penyelesaian Sengketa Pemilu Perlu Persamaan Visi Pusat dan Daerah

"Kalau tidak lengkap, berkas partai tidak akan kami terima dan tidak akan dibuat tanda terimanya dan akan dikembalikan. Khusus Pasaman , harus mempunyai anggota partai 315 orang dibuktikan fotokopi E-KTP dan KTA partai," ujarnya.

Bukti keanggotaan, salinan E-KPT, bukan KTP lama, kalau tidak punya bisa dengan surat keterangan bahwa KTP sedang proses. KPU Pasaman akan memeriksa kelengkapan KTA dan E-KTP setelah lengkap baru diberikan tanda terima.

baca juga: Arus Lalulintas Talu - Panti Sempat Putus Sekitar 10 Jam, Kini Normal Kembali

" KPU pusat mengumumkan pendaftaran melalui media cetak dan elektronik, papan pengumuman, paman KPU pendaftaran para politik calon peserta pemilih selama tiga hari mulai 1-3 Oktober," sebutnya.

Dan untuk kepengurusan, partai politik di Kabupaten Pasaman harus mempunyai 50 persen punya kepengurusan di kecamatan. Artinya partai politik harus mempunyai sedikitnya 6 kepengurusan tingkat kecamatan di Pasaman .

baca juga: Guspardi Gaus: Bawaslu Harus Berani Tunjukkan Perannya Sebagai Wasit yang Adil

[Man St Pambangun]

Penulis: Agusmanto