KPU Solok Mulai Verifikasi Parpol Peserta Pemilu

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Solok menyatakan pendaftaran Partai Politik Calon peserta pemilu 2019 dimulai hari ini, Selasa (3/10).

Divisi Hukum KPU Kabupaten Solok Roni Tri Noveta, mengatakan pendaftaran partai politik dilakukan mulai tanggal 3 Oktober 2017, dan sangat diharapkan data yang disampaikan sesuai dengan data yang ada di Sipol.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

"Partai politik harus mengetahui hal yang sangat penting sekali terkait jumlah penduduk Kabupaten Solok sesuai dengan SK N0 165/HK-03-1-Kpt/03/ KPU /IX/2017 Tentang Jumlah Penduduk setiap Provinsi, Kabupaten/Kota, maka jumlah penduduk Kabupaten Solok adalah sebanyak 375.801 orang," kata Roni, dilansir dari laman KPU , Selasa (3/9)

Ia menambahkan, berarti parpol ketika mendaftar melampirkan 1/1.000 dari jumlah penduduk minimal 375 orang, boleh pilih 1/1.000 atau lebih dari 1.000 orang tergantung pilihan parpol , dengan catatan bahwa parpol sudah benar meyakini KTA yang akan disampaikan ke KPU valid datanya.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Untuk itu, KPU Setempat telah melaksanakan sosialisasi Pendaftaran, Penelitian Administrasi , Verifikasi Faktual Partai Politik Calon peserta pemilu dan tata cara penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) kepada partai politik se-Kabupaten Solok , pada Senin (2/10) kepada semua ketua parpol /pengurus parpol dan satu orang operator Sipol dan juga Panwas Kabupaten Solok .

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Solok Elwiza, menjelaskan, sosialisasi merupakan upaya KPU untuk melakukan persiapan menjelang pelaksanaan pemilu .

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

" Parpol tidak boleh melampirkan keterangan domisili yang dikeluarkan oleh wali nagari atau camat sebagai pengganti KTP elektronik, surat keterangan domisili tersebut harus dikeluarkan oleh Disdukcapil Kabupaten Solok ," jelasnya. (*)

Sumber: KPU

baca juga: Infrastruktur Merata, Investasi di Luar Jawa Semakin Meningkat

Penulis: Eko Fajri