3-16 Oktober Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu, Ini Himbauan KPU Agam

Ketua KPU Agam, Alhadi
Ketua KPU Agam, Alhadi (AMC)

AGAM , KLIKPOSITIF Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Agam telah membuka pendaftaran partai politik peserta pemilu, 3 sampai 16 Oktober 2017. KPU Agam mengimbau parpol agar berhati-hati dalam menginput data ke sistem  informasi parpol (Sispol).

“Ini merupakan tahapan awal sesuai PKPU nomor 11 tahun 2017 tentang pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual, tata cara penggunaan sispol,” kata Ketua KPU Agam , Alhadi pada KLIKPOSITIF , selasa 3 Oktober 2017.

baca juga: Terjadi di Tengah Malam, Suami Bunuh Selingkuhan Isteri di Malalak Agam

Dalam sosialisasi yang digelar KPU Agam kemaren, kata Alhadi, dihadiri 3 parpol baru. Parpol baru itu adalah, Perindo, Berkarya dan PIKA. Parpol harus melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas persyatan parpol untuk jadi peserta pemilu pada 3-16 Oktober 2017

Parpol yang ikut pemilu harus mendaftar sesuai dengan waktu yang ditentukan,” jelasnya.

baca juga: Yuk Lihat Pameran Bonsai di Halaman Kantor Wali Nagari Biaro Gadang Agam

Alhadi mengimbau parpol menginput KTA dan KTP seakurat mungkin. “Untuk Agam jumlahnya yang harus diinput minimal 524 KTP dan KTA. Angka ini 10 persen dari jumlah  penduduk Agam , 524.000,” ujarnya.

Lebih jauh Alhadi menjelaskan, ada 10 poin syarat pendaftaran yang harus dipenuhi parpol . Yaitu, memiliki badan hukum sesuai dengan UU Parpol , memiliki kepungurusan di seluruh provinsi, memiliki kepengurusan paling sedikit 75% dari jumlah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan, memiliki kepengurusan paling sedikit di 50% jumlah kecamatan.

baca juga: PLN Resmikan Lisdes di Empat Desa Kabupaten Agam

Kemudian, menyertakan paling sedikit 30% keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat pusat, memiliki anggota paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk, memiliki kantor tetap untuk kepengurusan pada tingkat pusat provinsi hingga kota, mengajukan nama, lambang, dan tanda Parpol ke KPU , menyerahkan nomor rekening atas nama partai dan menyerahkan salinan AD/ART partai politik.

 
 
 

baca juga: Yayasan Koarsa Gelar Syukuran Milad ke-2 di Panorama Puncak Kabun Singgalang

Penulis: Rezka Delpiera