Belum Ada Parpol yang Mendaftar di KPU Pasaman

Lokasi pendaftaran parpol di KPU Pasaman
Lokasi pendaftaran parpol di KPU Pasaman (Istimewa)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Hingga hari kedua pembukaan pendaftaran partai politik ( Parpol ) di KPU Pasaman -Sumbar, tidak satupun parpol yang mendaftar, Rabu 4 Oktober 2017.

"Belum ada pengurus partai politik yang mendaftarkan partainya ke KPU hingga sore tadi. Kami tidak tahu, kenapa belum mendaftar," kata Komisioner KPU Pasaman , Ajriaman, ketika dikonfirmasi KLIKPOSITIF .

baca juga: Arus Lalulintas Talu - Panti Sempat Putus Sekitar 10 Jam, Kini Normal Kembali

Pendaftaran ini sudah dibuka sejak tanggal 3 Oktober kemarin dan akan ditutup pada 16 Oktober 2017 mendatang.

Menurut Ajriaman, berkemungkinan para pengurus partai akan mendaftar ke KPU saat menjelang berakhirnya masa pendaftaran. 

baca juga: Olahan Makanan UMKM Binaan PLN UIW Sumbar Tembus Pasar Internasional

Dalam pendaftaran parpol ini, pimpinan parpol wajib menyerahkan surat pendaftaran berserta syarat-syarat yang sudah ditentukan. Parpol juga wajib menyerahkan kelengkapan dokumen seperti daftar nama anggota, fotokopi KTP anggota, kartu tanda anggota, serta surat keterangan anggota parpol .

Menurut Kordinator Divisi Hukum KPU Pasaman , Aslamiyah, bagi yang tidak mendaftar atau tidak melengkapi persyaratan, maka, partai politik tersebut tidak bisa mengikuti Pemilu 2019.

baca juga: Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

"Kalau tidak lengkap, berkas partai tidak akan kami terima dan tidak akan dibuat tanda terimanya dan akan dikembalikan. Khusus Pasaman , harus mempunyai anggota partai 315 orang dibuktikan fotokopi E-KTP dan KTA partai," ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk kepengurusan, parpol harus memiliki 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan. Ini berarti, partai politik harus mempunyai sedikitnya 6 kepengurusan tingkat kecamatan di Pasaman .

baca juga: Atasi Persoalan Mendesak, Demokrat Dorong Sinergitas Pemkab Pasaman dengan RSUD

[Man St Pambangun]

Penulis: Iwan R