Diskominfo Payakumbuh Pasang Jaringan Internet di Tiap Kelurahan

Tim monitoring dari Dinas Kominfo Payakumbuh
Tim monitoring dari Dinas Kominfo Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Arya Irfanus)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF  -- Niat pemerintah Kota Payakumbuh menjadikan Kota internet mulai tampak. Jika sebelumnya kamera pengawas lalu lintas atau CCTV dipasang dan diparalelkan ke Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Payakumbuh , kini Dinas Kominfo kembali memasang jaringan internet di setiap kelurahan dan OPD yang ada di Kota Payakumbuh .

Menurut Rafles, Seksi Aplikasi Pemberdayaan Informatika Dinas Kominfo Payakumbuh , saat ini jaringan internet telah terpasang di seluruh kelurahan, atau di 48 Kelurahan dan 30 OPD yang ada di Payakumbuh . Namun, kapasitas kecepatan jaringan tersebut belum dibatasi, sebab selama 2 bulan jaringan internet tersebut masih dalam uji coba.

baca juga: Kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Puluhan Warga Binaan Lapas Payakumbuh Ikuti Program Pendidikan Paket A, B, dan C

"Dalam dua bulan ini, kami masih melakukan uji coba. Untuk akses internet kelurahan ini, ada beberapa situs yang tidak bisa di akses," ucap Rafles, Senin 9 Oktober 2017.

Menurut Rafles, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, pegawai hanya dapat mengakses internet pemerintahan, baik website pemerintahan pusat maupun website pemerintahan daerah.

baca juga: Sebanyak 23 Pegawai PPK Payakumbuh Terima SK

"Keuntungan internet untuk kelurahan ini yaitu akses internet menjadi terpusat sehingga bisa mengontrol kebutuhan internet di setiap kelurahan dan OPD," Lanjut Rafles.

Meskipun setiap kelurahan dan OPD memiliki internet , server jaringan tersebut tetap dilakukan pengontrolan di Dinas Kominfo Payakumbuh .

baca juga: DPRD dan Pemko Payakumbuh Sahkan Perda LP2B

Rafles menambahkan, pihak Kominfo juga tengah mengembangkan aplikasi internet agar kepala daerah lebih gampang memonitoring setiap kinerja di setiap instansi.

[Arya Irfanus]

baca juga: Antisipasi Alih Fungsi Lahan yang tak Terkendali, DPRD Payakumbuh Sahkan Perda LP2B

Penulis: Iwan R