Ini Nilai yang Harus Diperoleh Pelamar Agar Lulus Seleksi CPNS

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

CPNS, KLIKPOSITIF -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan ambang batas nilai pelamar dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2017.

Ambang batas nilai tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2017.

baca juga: Menteri PANRB Dorong Aparatur Negara Miliki Kompetensi Kepemimpinan Digital

Menteri PANRB, Asman Abnur mengatakan penerapan ambang batas nilai seleksi tersebut untuk menjamin terpenuhinya kompetensi dasar oleh setiap pelamar.

"Peraturan soal ambang batas tersebut berlaku mulai 8 Oktober lalu," kata Asman.

baca juga: Pemprov Sumbar Terima Penghargaan dari MenPAN RB, SAKIP Sumbar 2019 Predikat BB

Seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2017 ini meliputi tes karateristik pribadi, tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan. Masing-masing tes tersebut memiliki ambang batas nilai yang berbeda.

Adapun nilai ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar untuk materi tersebut yaitu 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi, 80 untuk Tes Intelegensia Umum, dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

baca juga: Ini Strategi Jitu Hadapi SKD CPNS 2019

"Namun begitu, ketentuan itu tidak berlaku bagi peserta yang cumlaude/dengan pujian, penyandang disabilitas, putra-putri Papua/Papua Barat, tidak termasuk untuk jabatan calon hakim," sebut Asman sesuai Pasal 4 ayat 1 sesuai dengan Permenpan tersebut.

Selain itu ditegaskan pula, hasil seleksi kompetensi dasar juga didasarkan pada pemeringkatan atau rangking pelamat dalam Computer Assisted Test (CAT).

baca juga: Kapolres Payakumbuh Terima Penghargaan dari KemenPAN-RB

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar didasarkan pada pemeringkatan atau rangking berlaku untuk formasi Dokter Spesialis, Penerbang, Instruktur Penerbang, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, dan Penjaga Mercu Suar, termasuk formasi untuk Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten/Kota di wilayah Papua dan Papua Barat.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa