Dua Tahanan Kabur Dalam Sebulan, Kemenkumham : Sipir Kurang Teliti

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat menilai petugas Lapas Muaro Padang kurang teliti dan waspada saat pergantian shift penjagaan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Permasyarakatan Lapas Muaro Padang , Sunar Agus. Menurutnya dalam sebulan ini sudah dua tahanan yang kabur memanfaatkan pergantian shift penjaga atau sipir.

baca juga: Polisi Buru Rekan Penjambret di Padang

"Petugas kurang teliti dalam hitung dan menghitung warga lapas, ditambah lagi kurang waspada sehingga bisa dimanfaatkan oleh tahanan untuk kabur," katanya.

Ia mengatakan, Kemenkumham dan pihak Lapas perlu meningkatkan pengawasan tahanan dengan aparat keamanan terkait seperti polisi dan TNI.

baca juga: Lagi, Kereta Api Sibinuang Hantam Mobil di Padang

"Saat ini memang kami akui jumlah petugas kurang, jadi koordinasi lebih intens perlu dilakukan," tutur dia. Koordinasi tersebut dilakukan ketika kondisi lembaga permasyarakatan sudah tidak kondusif.

"Sifatnya situasional, jadi tergantung kondisi saja," ujarnya kemudian.

baca juga: Raja Muda Lakukan Perlawanan Saat Ditangkap, Satreskrim Padang Hadiahi Timah Panas

Terkait dengan hal itu, Sunar Agus juga menyebut belum akan memberikan sanksi pada Kalapas Muaro Padang terkait tahanan kabur yang terjadi kedua kalinya di bulan Oktober.

"Kami belum mengarah pada sanksi, tapi yang harus dilakukan adalah meningkatkan etos kerja Kalapas, karena memang kejadian ini adalah kecelakaan dengan kondisi Lapas yang sudah penuh," pungkas dia.

baca juga: Ini Jumlah Surat Suara Pilkada Padang yang Rusak

Kejadian tahanan kabur dari Lapas Muaro Padang ini pertama kalinya terjadi pada 1 Oktober lalu. Tahanan bernama Syahrial itu berhasil kabur dengan memanjat pagar bagian kiri Lapas saat pergantian shift petugas.

Tidak lama kemudian, ia berhasil ditangkap tidak jauh dari Lapas. Kejadian kedua terjadi pada Jumat 13 Oktober lalu.

Tahanan bernama Riko tersebut kabur dengan memanjat pagar bagian belakang Lapas yang berada dekat dengan pos penjaga Lapas. Berdasarkan informasi, Riko berhasil kabur saat pos penjaga tersebut kosong karena pergantian shift petugas.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa