Besok, Ratusan PKL di Komplek AURI Aur Kuning Bukittinggi Ditertibkan

Suasana jual beli di Komplek AURI kawasan Aur Kuning Bukittinggi, Sabtu (14/05/2016).
Suasana jual beli di Komplek AURI kawasan Aur Kuning Bukittinggi, Sabtu (14/05/2016). (Haswandi/KLIKPOSITIF)

KLIK POSITIF – Pemko Bukittinggi akan mengerahkan sekitar 500-an personil dari Tim Gabungan untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan membongkar lapak-lapak PKL di Komplek Aur Indah atau yang sering disebut Komplek AURI di kawasan Aur Kuning Bukittinggi . Rencananya, penertiban itu akan dilakukan pada hari Minggu 15 Mei 2016 besok.

Sebagian besar PKL di komplek AURI Aur Kuning mengaku telah mengetahui rencana penertiban tersebut. Bahkan mereka telah menerima tiga kali surat peringatan untuk mengosongkan komplek AURI.

baca juga: Gandeng BBPOM, Ade Rezki Sosialisasikan Keamanan Obat dan Makanan di Bukittinggi

“Kami memang sudah diberitahu terkait rencana Pemko untuk menertibkan PKL di Komplek AURI ini, dan katanya nanti kami akan dipindahkan ke lantai tiga bagian dalam pasar. Tapi hingga saat ini, kami baru sekedar didata, belum ada penunjukan di kios mana masing-masing kami ditempatkan,” tutur Adek (49), salah seorang pedagang mukena di kawasan AURI Aur Kuning, Sabtu 14 Mei 2016.

Komplek AURI di Aur Kuning merupakan fasilitas negara yang dulunya berfungsi sebagai trayek angkutan kota (angkot). Namun sekitar 15 tahun yang lalu, fungsi tersebut berubah akibat munculnya PKL di kawasan tersebut.

baca juga: ABTI Bukittinggi Sosialisasikan Olahraga Bola Tangan yang Masih Tergolong Baru

Dari data Dinas Pasar Kota Bukittinggi , hingga saat ini ada sekitar 400-an PKL yang berjualan di kawasan Komplek AURI tersebut. Dengan digusurnya PKL di sana, kawasan AURI akan kembali difungsikan sebagai trayek angkot.

Penulis: Iwan R