Pembeli Ramai, PKL AURI Aur Kuning Malah Bersedih

Suasana di Komplek AURI Aur Kuning Bukittinggi, Sabtu (14/05/2016)
Suasana di Komplek AURI Aur Kuning Bukittinggi, Sabtu (14/05/2016) (Haswandi/KLIKPOSITIF)

KLIK POSITIF – Meski pada Sabtu 14 Mei 2016 siang tadi pengunjung banyak belanja di Komplek AURI kawasan Aur Kuning Bukittinggi , namun para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di kawasan tersebut malah tampak sedih. Pasalnya, hari ini merupakan kesempatan terakhir mereka berjualan di kawasan itu, karena pada Minggu (15/05/2016) besok, kawasan itu harus steril dari segala aktivitas jual beli.

“Kami sedih, karena besok kami tidak boleh jualan lagi di sini. Padahal kami sudah minta toleransi agar kami direlokasi siap lebaran saja. Tapi permintaan kami tidak dikabulkan oleh pemerintah,” kata Mis (43), salah seorang PKL yang menjual mukena di Komplek AURI Aur Kuning Bukittinggi , Sabtu 14 Mei 2016.

baca juga: Gandeng BBPOM, Ade Rezki Sosialisasikan Keamanan Obat dan Makanan di Bukittinggi

Meski telah mendaftar untuk mendapatkan kios di lantai tiga Pasar Aur Kuning yang telah dipersiapkan Pemko Bukittinggi , namun Mis belum bisa memastikan apakah dirinya akan pindah ke tempat tersebut.

“Saya saja capek kalau naik ke lantai tiga itu, apalagi pembeli nantinya. Saya masih pikir-pikir apakah akan jualan di lantai tiga, atau barang jualan ini saya jaja saja di kawasan Aur Kuning ini,” kata Mis.

baca juga: ABTI Bukittinggi Sosialisasikan Olahraga Bola Tangan yang Masih Tergolong Baru

Pedagang lainnya, Adek (49) juga berasumsi, pengunjung akan malas belanja ke lantai tiga, dan bisa berimbas pada pendapatannya yang akan merosot.

“Fasilitas di lantai tiga itu masih minim. Bahkan banyak diantaranya lantai keramik yang sudah pecah-pecah. Apakah nantinya pembeli nyaman belanja di sana? Sebenarnya saya setuju dengan relokasi ini, hanya saja waktunya tidak tepat. Kami sudah beli stok barang yang banyak, jadi harusnya kami bisa mendapatkan toleransi berjualan hingga lebaran nanti,” harap Adek.

baca juga: Terjadi di Tengah Malam, Suami Bunuh Selingkuhan Isteri di Malalak Agam

Komplek AURI di Aur Kuning merupakan fasilitas negara yang dulunya berfungsi sebagai trayek angkutan kota (angkot). Namun sekitar 15 tahun yang lalu, fungsi tersebut berubah akibat munculnya PKL di kawasan tersebut.

Dari data Dinas Pasar Kota Bukittinggi , hingga saat ini ada sekitar 400-an PKL yang berjualan di kawasan Komplek AURI tersebut. Dengan digusurnya PKL di sana, kawasan AURI akan kembali difungsikan sebagai trayek angkot.

baca juga: Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar Lagi, Belasan Kios Hangus

Penulis: Iwan R