Indra Catri Berpeluang Jadi Bupati dengan Leadership Terbaik di Indonesia

Bupati Agam Indra Catri
Bupati Agam Indra Catri (AMC)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Bupati Agam Indra Catri masuk nominator penilaian pemberian penghargaan kepemimpinan kepala daerah ( Leadership Award ) dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2017.

Ketua Tim Penilai Leadership Award Kemendagri , Robert Erdi mengatakan, penilaian tersebut bertujuan untuk menilai kualitas kepemimpinan kepala daerah di Indonesia.

baca juga: Sejumlah Warga Tolak Aktivitas Pertambangan di Kamang Mudiak Agam

"Asumsi dasar Kemendagri memberikan penghargaan ini, tidak ada daerah yang maju kalau pemimpinnya tidak bagus," kata Robert saat ekspos Bupati Agam didampingi anggota tim Harditya Bayu Kusuma dan Yefri roza, Rabu 18 Oktober di Aula Kantor Bupati Agam .

Robert menyebut, yang paling penting dari kegiatan itu bukan penghargaannya, tapi bagaimana pemimpin bisa memajukan daerah.

baca juga: Pedagang Positif COVID-19, Total Kasus di Agam Capai 40

"Setelah ini, kalau seandainya Bupati Agam terpilih, tahun berikutnya tidak lagi. Kalau bisa Agam jadi tempat belajar bagi daerah lain," ujarnya.

Kriteria pemberian penghargaan katanya, sudah menduduki jabatan sebagai kepala daerah minimal empat tahun, pernah mendapatkan penghargaan dari lembaga lain yang kredible. Kemudian tidak tersangkut kasus hukum dan moral, mendapat sorotan positif dari media lokal dan nasional.

baca juga: BKSDA Evakuasi Seekor Trenggiling di Gaduik Agam

Robert menambahkan, ada dua faktor yang dinilai dalam leadership award yakni, kepemimpinan birokrasi dan kepemimpinan sosial.

"Birokrasi, bagaimana kepemimpinan kepala daerah terhadap bawahan. Sedangkan sosial, bagaimana kepemimpinan dengan masyarakat, parpol politik, baik itu koalisi ataupun oposisi," jelasnya.

baca juga: Polda: Kasus Ujaran Kebencian Terhadap Mulyadi Sudah P-21

Di Sumbar, ada 3 pemimpin yang masuk nominasi, yaitu Gubernur Sumbar, Wali Kota Padang dan Bupati Agam .

Sedangkan secara nasional, ada delapan gubernur yakni, Gubernur Sumbar, Sumsel, Jatim, Jabar, DIY, Kaltim, NTB dan NTT. Dari delapan itu nantinya, akan terpilih tiga gubernur

Sedangkan wali kota dari 14 mominasi, akan terpilih tujuh orang. Sementara untuk bupati, dari 24 akan terpilih 12 bupati.

"Pemberian penghargaan diserahkan Mendagri pada akhir November mendatang, tidak pada satu kepala daerah saja. Tidak pakai sistem rangkig, separuh nominator akan mendapatkan Leadership Award ," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Agam Martias Wanto mengaku bangga dan bersyukur karena Agam dibawah kepemimpinan Indra Catri masuk nominasi.

"Bapak Bupati tidak bisa hadir karena sedang tugas ke luar daerah. Terimakasih Kemendagri telah memilih Bupati Agam untuk dinilai kepemimpinannya," kata Sekda.

Penulis: Rezka Delpiera