Enam Mobil Dinas DPRD Pasaman Belum Juga Dikembalikan

Mobil yang telah dikembalikan dan sudah dikandangkan di halaman parkir kantor DPRD Pasaman
Mobil yang telah dikembalikan dan sudah dikandangkan di halaman parkir kantor DPRD Pasaman (KLIKPOSITIF/Yulisman)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Pasaman , Novia Hanif, menyebut ada mobil dinas anggota DPRD Pasaman yang belum dikembalikan ke Sekretariat DPRD Pasaman .

Menurutnya, dari 16 total mobil dinas , baru 10 yang telah dikembalikan dan sudah diinapkan di halaman parkir kantor DPRD Pasaman . Sisanya 6 unit belum dikembalikan, padahal telah melebihi batas waktu pengembalian.

baca juga: Pembentukan dan Pengelolaan Desa Wisata di Pasaman Sebagai Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

Ia mengungkapkan, enam mobil dinas itu diantaranya satu mobil dinas Ketua DPRD, dua mobil Wakil Ketua DPRD dan tiga unit mobil yang digunakan fraksi.

Untuk mobil dinas ketua dan wakil ketua, pimpinan DPRD itu masih memikirkan apakah mengembalikan mobil dinas atau menerima tunjangan transportasi atau hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD. Sedangkan tiga unit mobil dinas yang ada di fraksi, dua diantaranya rusak dan dalam waktu dekat akan dijemput. 

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

"Kami sudah menyurati para anggota dewan pada tanggal 29 September 2017 untuk mengembalikan mobil dinas ke sekretariat DPRD. Batas waktunya sebenarnya 1 Oktober 2017," ujarnya.

Novia Hanif melanjutkan, pengembalian mobil dinas itu dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Dengan ditariknya mobil dinas tersebut maka seluruh anggota dewan mulai 1 Oktober 2017 akan diberikan dana tunjangan transportasi atau hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD.

baca juga: Selundupkan Puluhan Paket Ganja Kering, Warga Sumatera Selatan Diringkus Polisi di Pasaman

"Dananya sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan, tapi saya lupa besaranya," sebutnya.

Sementara itu Asisten III bidang administrasi umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pasaman , Asnil M mengatakan, bahwa rata-rata besaran tunjangan transportasi untuk per-anggota DPRD mencapai Rp9 juta-an per-orangnya.

baca juga: New Normal, Wartawan di Pasaman Bagikan Ribuan Masker

"Itu sudah diakomodir pada APBD-P 2017," pungkasnya.

[Man St Pambangun]

Penulis: Iwan R