Tim Ahli dari IPB Periksa Kondisi Kawasan Mandeh Pessel

Tim ahli IPB bersama tim penyidik KLHK didampingi OPD Pemkab Pessel memeriksa kawasan Mandeh
Tim ahli IPB bersama tim penyidik KLHK didampingi OPD Pemkab Pessel memeriksa kawasan Mandeh (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Tim Direktorat Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) datangkan tim ahli dari Institut Pertanian Bogor ( IPB ) untuk memeriksa kondisi kawasan Mandeh dalam kasus perusakan hutan Mandeh di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel )-Sumbar.

Tim ahli dari IPB itu juga akan melakukan pengambilan sampel dan mencari data tambahan dalam melengkapi berkas kasus Mandeh tersebut.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Kasubdit Penyidikan Perusakan Lingkungan, Kebakaran Hutan dan Lahan, Shaifuddin Akbar menyebut, dalam penutasan kasus ini, pihaknya akan fokus pada pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket), untuk dua titik kawasan strategis Mandeh yang sebelumnya telah terindikasi dirusak.

"Saat ini kami sedang mendalami penyidikan. Ada dua titik Mandeh yang rusak, sementara yang lain masih menunggu proses selanjutnya," jelasnya.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Ia menyebutkan, penyidikan yang dilakukan saat itu, sudah dijalankan berdasarkan aturan dan prosedur hukum yang berlaku. Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) yang telah dikeluarkan sejak pertengahan September lalu, KLHK meyakinkan kewenangan tersebut berada pada pihaknya untuk mengungkap siapa saja pelakunya.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan tingkat pusat, bahkan dengan Bareskrim Mabes Polri. Kasus Mandeh memang menjadi prioritas KLHK ," terangnya.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R