Terkait Proses Hukum Perusakan Mandeh, Ini Kata Penggiat Lingkungan

Desriko Malayu Putra
Desriko Malayu Putra (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Penggiat Lingkungan Sumbar, Desriko Malayu Putra, berharap dalam penuntasan kasus perusakan kawasan Mandeh, pihak penegak hukum bisa bergerak cepat dan menindak pelaku perusakan yang sudah terindikasi sebelumnya.

"Dengan turunnya sejumlah instansi Pemerintah seperti Polda Sumbar, Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Tim Terpadu Pemkab Pessel sebelumnya ke Mandeh, maka saya yakin, akan ditemukan siapa ‘otak’ pelaku perusak Mandeh," ucap Desriko Malayu Putra.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Menurutnya, jika ditelusuri lebih dalam sub-topik persoalan Mandeh yang masih dalam proses tim Direktorat Jendral Penegakan Hukum (Dirjen Gakkum) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), perbuatan perusakan Mandeh dinilai tindakan terkutuk, karena dengan sengaja membabat hutan lindung untuk kepentingan pribadi.

"Alangkah terkutuknya jika kerusakan Mandeh justru erat hubungannya dengan Pejabat Nomor Dua di pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Provinsi Sumatera Barat," sebutnya.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Ia melanjutkan, jika pihak penyidik KLHK sudah mengantongi semua berkas bukti, ia mendesak kasus tersebut untuk segera dilimpahkan kepada kejaksaan sehingga cepat pula dijatuhkan sanksi hukum.

"Jangan menunda-nunda pelimpahan berkas. Kasus ini dapat jadi contoh nyata dalam penyelamatan lingkungan dari tindak-tindak pelanggaran hukum," tegasnya.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

Baca berita terkait : Kawasan Mandeh Pessel " href="http://news. KLIKPOSITIF .com/baca/21347/tim-ahli-dari-ipb-periksa-kondisi-kawasan-mandeh-pessel">Tim Ahli dari IPB Periksa Kondisi Kawasan Mandeh Pessel

[Kiki Julnasri]

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

Penulis: Iwan R