Unik, Pria Ini Bisa Memainkan Saluang Hanya Menggunakan Bibir

Syafri Novel alias Mak Ipin
Syafri Novel alias Mak Ipin (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Seorang pria di Kabupaten Limapuluh Kota memiliki kemampuan yang unik.

Jika biasanya alat musik Saluang -alat musik tradisional Minangkabau dimainkan dengan meniup bambu yang diberi 4 lubang untuk mengatur nada. Pria bernama Syafri Novel itu bisa memainkan nada khas Saluang hanya mengguakan bibir, alias tanpa alat.

baca juga: Ruhana Kuddus Award, Penghargaan untuk Wartawati Terbaik Indonesia yang Berasal dari Sumbar

Dengan menggerakan bibirnya, ia bisa meniru suara khas Saluang dengan nada yang mendayu-dayu. Bahkan suara alat musik tiup itu juga bisa ia bawakan dengan nyanyian khas Minang .

Pria 35 tahun yang akrab dipanggil Mak Ipin tersebut merupakan warga asal Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota .

baca juga: Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau Launching Buku Saudagar Emas Minangkabau

Ia kini bekerja sebagai tenaga kebersihan di sebuah rumah sakit di Kota Padang. Pada KLIKPOSITIF , Mak Ipin menyebut bakat memainkan saluang menggunakan bibir itu sama dengan Beatbox.

"Saya menyebutnya Saluang Beatbox. Saya sudah memulainya sejak SMA dulu dan terus mengasahnya," katanya.

baca juga: Pusat Kebudayaan Minangkabau Dirayakan Rabu Malam, Ada Launching Buku Arnis Saleh

Selain Saluang Beatbox, Mak Ipin juga terbilang sebagai manusia yang multi talenta, pasalnya ia juga bisa alat musik Rabab dan juga aktif bernyanyi.

"Sekarang saya juga aktif di dunia komedian lokal Minang dengan beberapa rekan, khusus komedi ini saya membentuk kelompok yang diberi nama Garundang," sebut dia.

baca juga: Segera Tayang Webseries dari Ranah Minang: Rama & Hanum

Meski bekerja sebagai tenaga kebersihan, sekarang Mak Ipin juga sering mempublikasikan kemampuannya di akun Instagram dan Youtube miliknya.

"Di media sosial ini saya dan teman-teman bisa mengasah bakat seni dan memperkenalkannya pada masyarakat luas," pungkas Novel.

Penasaran bagaimana Mak Ipin memainkan Saluang hanya menggunakan bibirnya?  klik disini

[Arya Irfanus]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa