Ini Tiga Pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa 2017

Pemenang dan para nominasi  Kusala Sastra Khatulistiwa Kategori Puisi
Pemenang dan para nominasi Kusala Sastra Khatulistiwa Kategori Puisi (Rovindo Maisya)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu, Di Ampenan, Apa Lagi yang Kau Cari, dan Lengking Burung Kasuari menjadi karya pemenang penganugerahan penghargaan karya sastra terbaik Indonesia, Kusala Sastra Khatulistiwa (KSK) 2017. Ketiga karya ini merupakan karya dari Mahfud Ikhwan, Kiki Sulistyo, dan Nunuk Y. Kusmiana.

Ketiga pemenang ini langsung diumumkan oleh Ketua Dewan Juri Geger Riyanto di Atrium Plaza Senayan, Jakarta dan dihadiri oleh Richard Oh, salah seorang penggagas Kusala Sastra Khatulistiwa yang dulunya dikenal dengan Khatulistiwa Literary Award (KLA). KSK tahun ini merupakan tahun ke-17 digelarnya salah satu karya sastra terbaik di Indonesia ini.

baca juga: Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

Kategori Prosa, Mahfud Ikhwan keluar sebagai pemenang atas karyanya yang berjudul Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu. Novel ini diterbitkan oleh penerbit Marjin Kiri tahun 2017.

Selain dirinya, karya prosa yang masuk nominasi adalah Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana, Bakat Menggonggong karya Dea Anugrah, Calabai, Perempuan dalam Tubuh Lelaki karya Pepi Al-Bayqunie, dan Kedung Darma Romansha dengan karyanya berjudul Telembuk, dangdut dan kisah cinta yang keparat.

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Kemudian untuk kategori Puisi, penyair asal Kota Ampenan, Lombok, Kiki Sulistyo menjadi pemenang KSK 2017 dalam karyanya yang berjudul Di Ampenan, Apa Lagi yang Kau Cari?. Penyair kelahiran 16 Januari 1978 ini unggul atas empat penyair lainnya seperti Heru Joni Putra, Deddy Arsya, Hasta Indriyana, dan Toni Lesmana.

Sedangkan kategori Karya Perdana atau Kedua, Lengking Burung Kasuari karya dari Nunuk Y. Kusmiana menjadi pilihan dewan juri. Nunuk yang juga masuk dalam nominasi kategori Prosa akhirnya menjadi pemenang dalam kategori Karya Perdana atau Kedua.

baca juga: Pusat Kebudayaan Minangkabau Dirayakan Rabu Malam, Ada Launching Buku Arnis Saleh

Lengking Burung Kasuari yang diterbitkan Gramedia Pustaka ini berhasil mengalahkan pesaingnya seperti Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa yang diterbitkan Nuansa Cendekia, Pertanyaan-pertanyaan tentang Dunia yang diterbitkan Gambang, Pledoi Malin Kundang yang juga diterbitkan Gambang, dan Seikat Kisah tentang yang Bohong yang diterbitkan penerbit Alpha Centaury.

Ketiga pemenang ini mendapatkan penghargaan dalam bentuk uang dan pena MontBlanc.

baca juga: Alek Pacu Jawi di Tanah Datar Kembali Digelar

Ade Suhendra

Penulis: Ramadhani