Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa Gelar Orasi di Depan Tugu Bung Hatta

Para mahasiswa yang menggelar aksi di Bukittinggi menyerahkan tuntutan kepada anggota DPRD setempat.
Para mahasiswa yang menggelar aksi di Bukittinggi menyerahkan tuntutan kepada anggota DPRD setempat. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Puluhan mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Fakultas Hukum dan Fakultas MIPA menggelar orasi di depan Tugu Bung Hatta, Sabtu (28/10). 

Koordinator Lapangan, Mursyid Marjalis menyebut, aksi orasi dan longmarch dari Gedung Parkir menuju Tugu Bung Hatta dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan.

baca juga: Sapa Pagi, Cara BPJamsostek Bukittinggi Peringati Hari Buruh

"Selama ini mahasiswa terkesan tak dianggap, kita sering dicap tak peduli terhadap berbagai perkembangan, sekarang kita tunjukkan bahwa kita pemuda yang peduli terhadap bangsa dan tanah air," kata Mursyid.

Selain itu, kata Mursyid, mahasiswa yang berjumlah sekitar 35 orang itu menuntut dihentikannya segala macam bentuk kekerasan atau tindakan represif yang terjadi terhadap mereka.

baca juga: Ramadan Fair Berakhir, UM Sumatera Barat Umumkan Pemenang Lomba

"Ada tiga hal yang kita tuntut, yakni mengutuk tindakan kekerasan polisi dan TNI terkait pembubaran aksi mahasiswa seperti yang terjadi di Jakarta dan Medan," katanya.

Yang kedua, sebut Mursyid, mahasiswa menentang keras adanya UU Ormas yang dianggap sebagai bentuk otoritarian negara dalam ruang demokrasi.

baca juga: UM Sumatera Barat Buka Program Ramadan Fair 1442 H

"Terakhir, kita minta hapus konsep Kapitalisme, ganti dengan konsep ekonomi ala Hatta,"pungkasnya.

Orasi ini bertepatan dengan momen peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi M Nur Idris.

baca juga: Selama Tiga Hari, Lapas Bukittinggi Gelar Buka Bersama Antara Petugas dengan Warga Binaan

[Hatta Rizal]

Penulis: Agusmanto