Hari Pertama Peringatan Harkitnas, PNS Pasaman Tidak Pakai Batik

Sejumlah PNS di Pasaman Barat terlihat memakai baju dinas. Padahal mensesneg sudah mengeluarkan himbauan bahwa semua PNS di Indonesia harus menggunakan baju patik atau lukik saat peringatan Harkitnas 2016
Sejumlah PNS di Pasaman Barat terlihat memakai baju dinas. Padahal mensesneg sudah mengeluarkan himbauan bahwa semua PNS di Indonesia harus menggunakan baju patik atau lukik saat peringatan Harkitnas 2016 (Man St Pambangun / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Mentri Sekretaris ‎Negara (Mensesneg) RI mengeluarkan surat edaran nomor B.420/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2016 tantanggl 13 Mei 2016 tentang Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) ke 108 tahun 2016.

Dalam surat tersebut, Mensesneg Pratiko menyampaikan bahwa dalam rangka Harkitnas 2016, para stakeholder yang terlibat dihimbau untuk mengenakan baju batik atau lurik mulai tanggal 16 Mei hingga 19 Mei 2016.

baca juga: Pembentukan dan Pengelolaan Desa Wisata di Pasaman Sebagai Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

Namun sayangnya, ribuan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) di Pemkab Pasaman sepertinya tidak mengindahkan himbaun dari Mensesneg tersebut, sehingga para PNS di Pasaman di hari pertama peringatan Harkitnas masih menggunakan baju dinas biasa.

Terkait hal itu, Sekda Pemkab Pasaman , A. Syafei Siregar mengatakan, bahwa PNS di lingkungan Pasaman belum menggunakan pakaian batik atau lurik, karena surat Mensesneg terlambat sampai kantor bupati.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Namun demikian, dia memastikan bahwa mulai besok pagi, Selasa, 17 Mai 2016, seluruh PNS di Pemkab Pasaman sudah memakai baju batik atau lurik. "Sudah kita sampaikan, besok pagi semua PNS pakai baju batik ," ujarnya saat ditemui KLIKPOSITIF di Kantor DPRD Pasaman , Senin, 16 mai 2016.

Selain PNS di lingkungan Pemkab Pasaman , semua PNS di Kantor Kementrian Agama Pasaman juga demikian. Kepala Kantor Kementrian Agama Pasaman , Abdel Haq, mengaku hingga kini pihaknya belum menerima surat himbauan dari Mensesneg tersebut.

baca juga: Selundupkan Puluhan Paket Ganja Kering, Warga Sumatera Selatan Diringkus Polisi di Pasaman

"Belum ada terima surat himbauan. Jadi apa landasan kita menyuruh pegawai untuk pakai batik besok pagi," ujar Abdel Haq di kantornya. [Man St Pambangun]

Penulis: Riki S