Kantor SAR Padang Harusnya Memiliki Satu Helikopter

Helikopter Basarnas
Helikopter Basarnas (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M Syaugi menilai setiap kantor SAR tipe A di seluruh daerah di Indonesia harusnya memiliki satu helikopter , termasuk kantor SAR Kota Padang. Helikopter ini bisa digunakan untuk mengevakuasi korban yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat.

Seperti kejadian longsor beberapa waktu lalu di Kabupaten Limapuluh Kota, pengiriman helikopter didatangkan langsung dari pusat. Itupun hanya bisa baru bisa dihadirkan saat kebutuhan mendesak.

baca juga: Hari Kelima Pencarian 3 Pemancing yang Hilang, Basarnas: Pencarian Belum Membuahkan Hasil

"Penyebabnya ya itu, keterbatasan anggaran. Mau bagaimana, keuangan Negara kita terbatas," sebutnya usai memantau kondisi kantor SAR Padang, Kamis 16 November 2017.

Dengan kondisi ini diharapkan SAR Padang tidak berkecil hati dan tetap bekerja maksimal. Sesuai UU 29 Tahun 2014, tugas Basarnas hanya mencari, menolong dan mengevakuasi korban jiwa dalam peristiwa bencana. Namun, karena sifatnya adalah kemanusiaan, Basarnas tetap berkoordinasi dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dalam melaksanakan tugasnya..

baca juga: Cerita Romi, Rekan Pemancing yang Kapalnya Terbalik di Perairan Padang

" Basarnas tetap harus koordinasi dengan BNPB. Terpenting, petugas Basarnas harus meningkatkan respon time terhadap bencana," tegasnya.

" SAR Padang juga harus punya alat komunikasi bagus. Sehingga, bisa memantau dan mendeteksi kapal-kapal yang bergerak keluar. Terutama di kawasan Mentawai," sambungnya.

baca juga: Dilaporkan Hilang, Lansia di Pasaman Ditemukan Meninggal Dunia

Tahun 2017 ini terang Marsekal Muda itu, Basarnas mendapat 5 jatah kapal penyelematan berukuran 40 meter. Masing-masing untuk Mentawai, Ambon, Manukwari, Banjarmasin dan Biak.

"Kalau kapal kecil banyak ya, tapi lima kawasan itu mendapat kapal besar karena memang medan tugasnya memerlukan kapal tersebut," pungkasnya.

baca juga: Basarnas: Pencarian Pasmawati Dimulai dari Arah Utara

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R