Pemerintah Cairkan Gaji ke-13 dan 14 Sebelum Lebaran

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kabar gembira bagi seluruh PNS di Indonesia. Pasalnya, jelang Hari Raya Idul Fitri mendatang, Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 yang disusul dengan tunjangan hari raya ( THR ) atau gaji 14 kepada seluruh PNS di Indonesia. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menjelaskan bahwa gaji ke-13 dicarikan menjelang hari raya, karena bertepatan dengan tahun ajaran baru. 

baca juga: Tatanan Normal Baru, ASN Bisa Bekerja Secara Fleksibel

"Pemberian gaji ke-13 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja sekaligus kesejahteraan aparatur sipil negara," katanya di Jakarta, Selasa, 17 Mai 2016. 

Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Menpan-RB, Hidayah Azmi Nasution mengatakan, gaji ke-14 tidak sebesar gaji ke-13, karena gaji ke-14 hanya sebesar gaji pokok PNS . Sedangkan gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, atau seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan.

baca juga: Masker Akan Jadi Salah satu Seragam Wajib PNS di Jakarta?

" THR atau gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan PNS saat merayakan Idul Fitri. Mekanisme pencairan gaji ke-14 sama dengan mekanisme pencairan gaji ke-13," ujarnya. 

Penulis: Ramadhani