Super Hero di Pekan Raya Visual DKV UNP

Workshop Digital Painting dalam iven PRV UNP.
Workshop Digital Painting dalam iven PRV UNP. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Di penghujung tahun 2017 ini, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Padang ( UNP ) akan menggelar perhelatan tahunan kedua yang bernama Pekan Raya Visual (PRV). Puncak kegiatan ini adalah pameran yang digelar pada 2- 3 Desember 2017 di Taman Budaya Sumatera Barat dengan tema 'Super Hero'.

Ketua Pelaksana PRV, Kevin Dwi Afira, iven ini merupakan bentuk baru dari kegiatan tahunan DKV yang dulunya bernama DESKOMPEACE yang terakhir kali diadakan tahun 2013. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengekspos tentang DKV, memperkenalkan apa itu DKV pada masyarakat umum.

baca juga: Institut Teknologi Padang Raih Penghargaan dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta

Selain itu, iven ini dirasakan mampu membangkitkan semangat kreatifitas desainer Sumbar. Kevin juga menjelaskan, bahwa tema 'Super Hero' yang diusung kali ini merupakan refleksi dari peran fungsi desainer sebagai problem solving atau pemecah masalah.

“Pada prinsipnya DKV adalah perancangan untuk menyampaikan pola pikir, dari pemberi pesan kepada penerima pesan dalam bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien dan tepat. Pointnya, dalam DKV adalah membantu, menyumbangkan ide dan tenaga dengan cara memudahkan informasi untuk lebih mudah di cerna dan dibagikan," terangnya.

baca juga: Kapan Mahasiswa Bisa Kuliah Ke Kampus Lagi? Ini Penjelasan Kemendikbud

Rangkaian kegiatan PRV ini sudah berlangsung sejak 18 November 2017 yang dimulai dengan workshop digital painting oleh Memorizal dan Rahmad Ferdian yang diselenggarakan di studio DKV UNP dan workshop food fotography oleh Alexander Dasril pada 21 November 2017.

Kemudian, juga ada workshop 3D sketch up oleh Nidya Putri dan Wanda Yuniko yang dilaksanakan pada 25 november 2017. Ada yang berbeda, kali ini, PRV mendatangkan Fikri Ilham Syukma, seorang desainer dari salah satu studio desain terkemuka di Bandung.

baca juga: Gunakan Dana SBSN, Ini Pesan Wamenag Saat Tinjau Proyek Pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol

Fikri akan memberikan workshop dan seminar mengenai project brand identity dan desain fortofolio pada 30 November 2017. Sementara, pembukaan pameran karya Desain Komunikasi Visual akan dilaksanakan pada puncak acara yaitu, tanggal 2 Desember dan ditutup 3 Desember dengan serangkaian kegiatan lainnya.

Kevin juga menjelaskan bahwa karya yang akan hadir pada pameran PRV ini bukan hanya karya dua dimensi, tapi juga karya audio visual seperti animasi, film pendek dan mapping. "Ada karya yang sangat beragam dalam PRV kali ini. Harapannya semoga masyarakat dapat memahami DKV baik secara profesi maupun secara akademis,” tutupnya. (rel)

baca juga: Kunjungi ITP, Perusahaan Multinasional Asal Korsel Kembangkan Produk dan Kurikulum MBKM Bersama

Penulis: Agusmanto