Hari Ini, Sumbar Bakal Diguyur Hujan Sepanjang Hari

Citra Satelit Pergerakan Awan Hujan di Sumatera Barat
Citra Satelit Pergerakan Awan Hujan di Sumatera Barat (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi, sepanjang hari ini sejumlah kawasan di Sumatera Barat bakal diguyur hujan, namun dengan intensitas yang berbeda.

"Untuk siang hingga sore masih diguyur hujan bervariasi. Cenderung dengan intensitas ringan. Malam berkemungkinan akan naik dengan intensitas sedang hingga deras," kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiaji dihubungi KLIKPOSITIF , Rabu 29 November pagi.

baca juga: Ambulance dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke RS

Dia menjelaskan, saat ini suhu udara berada di angka 18-30 ◦C. Untuk kelembaban udara berada pada angka 80-100 persen. Sementara itu untuk angin berhembus dari Barat Daya – Timur laut dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam.

"Yang perlu diwaspadai adalah perubahan cuaca . Terutama di daerah pesisir. Angin kencang juga patut diwaspadai," imbaunya.

baca juga: Waspada Potensi Bencana Geo-hidrometeorologi Jelang Natal dan Tahun Baru

Ditambahkannya, daerah kabupaten kota lain yang juga berpotensi hujan sedang diantaranya Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pariaman, dan Pesisir Selatan.

"Kalau hujan ringan, tadi di wilayah Padang, juga di Padang Pariaman, Padangpanjang, Agam, dan Kab. Solok," tambah dia.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sopir Angkot yang Tangannya Patah dan Anaknya Sakit

Sementara untuk besok, katanya diprediksi masih sama. Daerah berpotensi hujan sedang di Pesisir Selatan, Padang, Padang Pariaman, Pariaman, dan Kepulauan Mentawai. Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Agam dan Pasaman Barat.

"Kalau siang hingga sore hari berpotensi hujan sedang di Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, Padangpanjang, Padangpariaman, Pariaman, Agam, Tanah Datar, dan Bukittinggi. Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Solok, dan Sawahlunto," rincinya.

baca juga: Polisi Ungkapkan Kronologi Kebakaran Gudang Minyak di Padang Pariaman

[Cecep Jambak]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa