Presiden Suriah Nyatakan Tidak Akan Sulit Bentuk Pemerintahan Baru

Presiden Suriah Bashar al-Assad
Presiden Suriah Bashar al-Assad (www.intelijen.co.id)

KLIKPOSITIF - Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan tidak akan sulit membentuk pemerintahan baru Suriah yang melibatkan pihak oposisi. Sebaliknya pihak oposisi menyatakan tidak ada pemerintahan baru sepanjang Assad masih berkuasa.

Assad, yang didorong sukses militer di Kota Palmyra, menyatakan rancangan konstitusi baru siap diajukan pekan ini.

baca juga: Barcelona Tersingkir di Fase Grup, Ini Hasil Lengkap Liga Champion

Pemerintahan nantinya akan terdiri dari kelompok oposisi, independen dan loyalis pemerintah siap untuk dibentuk. "Masalah pemerintahan baru bukan perkara sulit," kata Assad.

Sementara itu, kubu oposisi segera menampik pernyataan Assad itu dengan menyatakan penyelesaian politik bisa dicapai hanya dengan mendirikan pemerintahan transisi yang berkuasa, bukan lewat pemerintahan baru di bawah kendali Assad.

baca juga: Berhasil Jual Sejuta Unit Mobil Listrik, BMW Target Dua Juta Unit Lagi Pada 2025

"Yang Bashar al-Assad bicarakan tidak ada hubungannya dengan proses politik itu," kata George Sabra dari Komite Tinggi Negosiasi.

Tetapi Assad juga menampik gagasan pemerintahan transisi yang disebutnya tidak logis dan tidak konstitusional. "Untuk itulah penyelesaiannya adalah membentuk pemerintahan persatuan nasional yang mempersiapkan sebuah konstitusi baru," kata Assad.

baca juga: Jamu PSG, City Berhasil Amankan Tiga Poin

[Ant]

Penulis: Fitria Marlina