Tahun Ini, KAI Targetkan Semua Kereta Punya WiFi

Ilustrasi kereta api
Ilustrasi kereta api (Istimewa)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- PT Kereta Api Indonesia akan segera menghadirkan jaringan internet publik nirkabel atau WiFi pada 2018.

"Rencana ini sudah dibicarakan cukup lama, karena semua penumpang commuter line semuanya punya ponsel," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

baca juga: Terobos Palang Pintu, Anggota DPRD Tewas Disambar Kereta Api

Dikutip dari Antara, Edi mengatakan bahwa saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sehingga selagi menunggu sampai tujuan.

Dengan adanya fasilitas jaringan internet tersebut, penumpang bisa mengakses internet bahkan bisa melakukan pekerjaan di kereta.

baca juga: Komite Etika Berinternet, Komite Baru Bentukan Kominfo

Ia berharap target tahun ini dalam pemasangan Wi-Fi di seluruh KA, tidak hanya kereta rel listrik (KRL).

"Target tahun ini selesai, dan kita bertahap. Stasiun sudah ada jaringan Wi-FI, sekarang keretanya mudah-mudahan cepat, termasuk KA ekonomi," sebut Edi.

baca juga: Guru Fikih Madrasah Diminta Harus Membiasakan Diri Gunakan Internet

Terkait anggaran, lanjut dia, hal itu juga akan dibicarakan karena pihaknya sudah mengantongi laba bersih pada 2017 yaitu meningkat 20 persen.

Terkait dengan itu, pemasangan jaringan internet ini adalah salah satu upaya perusahaan plat merah tersebut untuk meningkatkan layanan.

baca juga: Ingin Cek Kecepatan Internet Anda? Coba Lakukan Hal Ini

"Besok RUPS, kami akan sampaikan bahwa kami akan selalu berinisiasi dan saya bersikeras kereta itu sudah menggunakan WiFi," pungkas Edi kemudian.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa