Menkominfo: Baru 100 Media Online Terverifikasi Dewan Pers

Ilustrasi media online
Ilustrasi media online (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

KLIKPOSITIF -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperkirakan saat ini di Indonesia terdaat 43 ribu portal berita online. Namun, menurutnya jumlah media online yang telah terverifikasi Dewan Pers tidak lebih dari 100 media. Oleh karena itu, agar tidak dilakukan pemblokiran.

Menteri Rudiantara menegaskan bahwa setiap portal berita online di Indonesia perlu segera melakukan verifikasi kepada Dewan Pers . Verifikasi media online , menurut Menteri Kominfo tak hanya untuk menghindari blokir.

baca juga: Komite Etika Berinternet, Komite Baru Bentukan Kominfo

"Ketua Dewan Pers sebelumnya berujar kepada saya apabila ada media yang tidak jelas siapa pengurusnya, siapa penanggungjawabnya, selama tidak jelas alamat redaksinya serta kontennya pun bertentangan dengan perundang-undangan, block saja," katanya.

Menurutnya kesejahteraan karyawan portal berita online tersebut akan dapat lebih dijamin apabila media telah terverifikasi. Dengan mengisi form yang salah satunya menjelaskan kesejahteraan pegawai, Menteri Rudiantara menyontohkan proses verifikasi sebagai ekosistem yang baik.

baca juga: Pemerintah Terapkan Strategi Hilir-Hulu Digitalisasi Indonesia

"Bukan hanya menghindari untuk diblokir, tapi juga untuk manfaat karyawannya. Karena disitu juga harus diisi mengenai rencana kesejahteraan karyawannya," sebut Rudi. (*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa