Ini Penyebab Masyarakat Melakukan Blokir Jalan Bypass Padang

Masyarakat melakukan pemblokiran jalan dengan membakar ban bekas.
Masyarakat melakukan pemblokiran jalan dengan membakar ban bekas. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemblokiran Jalan Bypass KM 14 Kelurahan Aia Pacah, Kecamatan Koto Tangah yang dilakukan Forum Masyarakat Tigo Sandiang dilakukan karena adanya surat perintah pengukuran dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang diberikan kepada Lurah Aia Pacah pada Jumat 26 Januari 2018.

"Tadi pagi kami mendapatkan surat pengukuran dari BPN yang diberikan kepada Lurah," ujar sekretaris Forum Nagari Tigo Sandiang, Epiyandri Rajo Budiman.

baca juga: Nilai Pesantren Ramadan Masuk dalam Nilai Agama

Dia mengatakan, pemblokiran tersebut dilakukan untuk meminta kepastian kenyamanan masyarakat dan kenyamanan hukum. "Kami hanya meminta kepastian saja, kalau pemerintah berlaku semena-mena, kami juga bisa," lanjutnya.

Menurutnya, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) semena-mena dalam melakukan pengukuran terkait perkara tersebut.
"Dulu juga sering BPN melakukan pengukuran dan tunjuk batas, tadi pagi mereka memberikan surat pengukuran dan langsung ke lapangan, sementara proses hukum perkara inu masih belum selesai," lanjutnya.

baca juga: 7.898 Guru Akan Dilibatkan dalam Pesantren Ramadhan di Kota Padang

Dia mengatakan bahwa pihaknya ingin bertemu dengan pihak BPN serta Pengadilan untun memperjelas hal tersebut. "Kami ingin bertemu dengan pihak BPN dan Pengadilan untuk memperjelas status perkara ini dan jsngan sampai ada hal yang membuat masyarakat resah," tutupnya.

[Halbert Caniago]

baca juga: Pasangan Muda Diminta Tunda Kehamilan, Kenapa?

Penulis: Agusmanto