Mentawai Akan Dapat Bantuan Mesin Listrik Biomassa dari BNPB dan AS

Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai Naslindo Sirait
Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai Naslindo Sirait (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

KLIKPOSITIF - Kepala Bappeda Kepulauan Mentawai Naslindo Sirait mengatakan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan mendapat bantuan mesin listrik Biomassa untuk pasokan listrik di daerah terpencil dari Amerika Serikat dan BNPB tahun 2017.

"Bantuan nantinya berupa mesin pembangkit listrik yang bahannya dari pohon bambu," katanya usai acara Musrembang Kabupaten Kepulaun Mentawai di kantor Bappeda Mentawai , Kamis (31/3).

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Tanah Datar Tercatat 1.313 Orang, Warga Diminta Sukseskan Vaksinasi

Ada empat Kecamatan di Mentawai yang akan mendapat bantuan mesin, diantaranya Kecamatan Siberut Selatan, Siberut Tengah, Sipora Selatan dan Pagai Selatan.

"Keempat mesin itu dua dari bantuan dana hibah Negara Amerika dan dua lagi dari BNPB. Total semua bantuan Rp 75 miliar," ungkapnya.

baca juga: Ada Dua Pasar Takjil di Pariaman, Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Menurutnya, pasokan listrik dari PLN saat ini belum bisa menjangkau ke rumah tangga masyarakat secara keseluruhan. "Biomassa merupakan salah satu solusi di daerah kepulaan untuk menggenjot ketertinggalan sehingga perlu terobosan baru. Target kami tahun 2035 Mentawai sudah elektrifikasi," harapnya.

Lebih Lanjut, Ia mengatakan, Energi Biomassa dipilih karena bentuk energi terbarukan dan diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diproduksi lagi.

baca juga: Nilai Pesantren Ramadan Masuk dalam Nilai Agama

"Ketersedian bambu diempat kecamatan itu cukup banyak, jadi nanti masyarakat mengelola lewat BUMD. Atau masyarakat menyumbang bambu-bambu mereka," tuturnya.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Pemprov Sumbar Bekerjasama dengan PT Semen Padang untuk Percepatan Vaksinasi Lansia

Penulis: Fitria Marlina