Puncak Gunung Talang Terbakar

Kondisi Gunung Talang yang masih terbakar saat dilihat siang tadi dari Posko pendakian Aie Batumbuek.
Kondisi Gunung Talang yang masih terbakar saat dilihat siang tadi dari Posko pendakian Aie Batumbuek. (istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kawasan Puncak Gunung Talang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dilaporkan terbakar, Kamis (1/2). Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Sejumlah pendaki di kawasan Puncak Gunung terpaksa mengungsi ke pesanggrahan dan posko pendakian untuk menghindari paparan asap yang ditimbulkan kebakaran .

baca juga: Bangun Mushalla Di Lereng Gunung Talang, Mapala Unand Raih Penghargaan Klik Award

Dari pantauan KLIKPOSITIF di posko pendakian Aie Batumbuek, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, terlihat api masih menjalar kearah selatan seiring arah angin.

Kawasan puncak bekas dijamah api tampak jelas menghitam dan hingga kini api masih menjalar kearah bawah. Diperkirakan puluhan hektar kawasan puncak sudah terbakar.

baca juga: Pertamina Belum Bikin Laporan, Polisi Sudah Periksa 52 Orang Terkait Kebakaran Kilang Balongan

Sejumlah pendaki yang sudah terlanjur datang di lokasi, terpaksa mengurungkan niatnya untuk menanjak. Sejumlah petugas kepolisian bersama perangkat Jorong dan Nagari juga sudah standby di lokasi untuk mencegah pendaki yang nekat hendak melakukan pendakian.

Sementara itu, terkait kebakaran itu, Kapolres Aro Suka AKBP Ferry Irawan mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Mapolda, BPBD Propinsi dan pihak terkait lainnya. "Kita sudah koordinasikan dengan atasan dan pihak terkait lainnya," ungkap AKBP Ferry Irawan didampingi Wakapolres Kompol El. Lase.

baca juga: Diduga "Bongkar" Bengkel Sepeda Motor di Pasbar, Seorang Pemuda Dibekuk Polisi

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Petugas BPBD, Dinas Kehutanan dan petugas pengamat Gunung Talang akan lansung turun ke lokasi. "Kita bersama-sama akan lansung turun ke lokasi, meskipun medan yang terbakar terbilang berat untuk dijangkau," sebut Kalaksa BPBD, Dasril.

Gunung Talang merupakan salah satu gunung aktif yang ada di kawasan Kabupaten Solok, dengan ketinggian lebih kurang 2.597 dari permukaan laut. Lebih kurang 300 pendaki menanjak setiap minggunya.

baca juga: Banjir Bandang NTT, BNPB: Ratusan Orang Meninggal, Ribuan Warga Mengungsi

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto