Beroperasi Besok, Karyawan Basko Lega

Basko Hotel dan Mall
Basko Hotel dan Mall (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua DPRD dan Kapolda Sumbar mengizinkan dua unit usaha Basko (Hotel dan Mall) untuk beroperasi kembali mulai Jumat 2 Februari 2018 besok.

Hal itu dilakukan setelah kedua pihak tersebut menjamin ketersediaan listrik dua unit usaha milik Basrizal Koto itu terpasang, pasca eksekusi yang dilakukan Pengadilan Negeri Padang atas gugatan PT KAI Divre Sumbar dua pekan lalu.

baca juga: Kabar Gembira! Diskon Tambah Daya "Super Merdeka" untuk UMKM dan IKM Kembali Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Kedatangan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irawan Rahim bersama Kapolda Irjen Pol. Fakhrizal juga membawa General Manager PLN Wilayah Sumbar Bambang Yusuf.

Baca Juga:  Unit Usaha Basko Beroperasi Lagi Mulai Esok Usai Terhenti Dua Pekan

baca juga: Besok Bawaslu Sumbar Akan Plenokan Kasus Kasatpol PP Padang

Dalam kunjungan tersebut, kedatangan mereka disambut oleh petinggi Basko Mall dan Hotel dan ratusan karyawan.

"Besok, Basko Hotel dan Mall sudah dialiri listrik. Itu hasil keputusan dari kedatangan kami ke sini," kata Kapolda Sumbar .

baca juga: Gubernur Sumbar Serahkan Bonus 1,6 Miliar Pada Atlet Berprestasi

Keputusan itu diambil agar ribuan karyawan di dua unit usaha itu bisa kembali bekerja, namun terkait dengan eksekusi lahan milik PT KAI yang diklaim oleh Basko , pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke pihak pengadilan.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Sumbar , Hendra Irwan Rahim memastikan, peninjauan tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan ranah hukum dan pihaknya menghormati proses hukum yang berjalan.

baca juga: Selamatkan Perantau di Wamena jadi Alasan Tokoh Padang Ganting Dukung Nasrul Abit

"Ini karena persoalan masyarakat. Lapangan pekerjaan semakin sempit. Kalau tak kunjung beroperasi, tentu pengangguran akan bertambah," kata ketua Partai Golkar Sumbar tersebut.

Keputusan itu kemudian disambut dengan kelegaan oleh para karyawan. Sebab, seorang pekerja Lina (27) mengaku bahwa keputusan itu adalah angin segar setelah eksekusi lahan.

"Jika kami tidak bisa bekerja lagi bagaimana nasib kami, jumlah pekerja disini cukup banyak. Selama ini pekerjaan kami terganggu karena persediaan listrik," ucap Lina.

Ia berharap, dengan keputusan itu, Basko Hotel dan Mall bisa kembali diramaikan pengunjung dan tidak terpengaruh dengan kasus yang melilit pengusaha asal Pariaman tersebut.

"Semoga tetap ramai, dan pekerjaan kami tidak lagi terganggu," pungkas Lina.

[Joni Abdul Kasir-Halbert Chaniago]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa