Tawarkan Proyek Pembangunan, Jepang Bakal Bangun Jalur Kereta dan Pelabuhan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pemerintah Jepang memberi tawaran untuk mendirikan pelabuhan dan jalur kereta. Dia mengtakan pelabuhan ini recananya yang akan dibangun adalah Pelabuhan Patimban. Sedangkan jalur kereta antara Jakarta-Surabaya.

"Pemerintah Jepang telah mengajukan pembuatan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Yang kedua itu kereta sedang rute Jakarta-Surabaya," tuturnya.

baca juga:

Pramono mengatakan Jepang telah berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan. Komunikasi telah sampai pada tahap periodisasi waktu pengerjaan, pembentukan badan usaha pelabuhan dan sebagainya. Sedangkan mengenai kereta Jakarta-Surabaya sedang dalam proses dan baru akab dibahas.

Dia menjelaskan pemerintah juga ingin Surabaya-Jakarta ini bisa ditempuh lebih cepat. Alasannya penyeberangannya masih semuanya di permukaan sehingga kalau ada mobil lewat masih distop.

baca juga:

Kualitas rel yang lama, kata dia lagi, sudah cukup bagus tapi sambungannya masih memakai teknologi lama. Padahal teknologi sekarang itu sudah berubah. Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Jepang, Kamis ini hingga Jumat besok juga akan membahas soal Jakarta-Surabaya ini.

Penulis: Ramadhani