Antisipasi Karhutla, PT.Agrowiratama Adakan Pelatihan dan Sosialisasi pada Masyarakat Sekitar

Foto  Pihak Damkar Pasbar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara pakai APAR yang tepat di Lapangan, Kegiatan Masyarakat Bebas Api Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Lahan /Hutan kepada Tim Balakar Nagari Sekitar Perusahaan
Foto Pihak Damkar Pasbar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara pakai APAR yang tepat di Lapangan, Kegiatan Masyarakat Bebas Api Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Lahan /Hutan kepada Tim Balakar Nagari Sekitar Perusahaan (Ist)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan(Karhutla) yang sering terjadi akhir-akhir ini, perusahaan kelapa sawit PT Agrowiratama melakukan kegiatan sosialisasi bertemakan "Masyarakat Bebas Api dan Pelatihan, Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan bersama masyarakat di gedung Serbaguna PT Agrowiratama pada Senin (19/2).

Senior Estate Manager PT Agrowiratama, Suherlan mengatakan, kegiatan sosialisasi itu dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla oleh pihak PT Agrowiratama dengan memberikan edukasi, serta pembekalan pengetahuan kepada masyarakat yang berada di sekitar kawasan perkantoran jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di lahan milik PT Agrowiratama yang terletak di Nagari Sungai Aua Pasbar - Sumbar.

baca juga: BNNK: Pasbar Bukan Lagi Daerah Perlintasan, Tetapi Sudah Sebagai Tempat Peredaran

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, disampaikan juga untuk mengantisipasi karhutla itu pihak PT Agrowiratama telah menyediakan sejumlah peralatan, diantaranya menara pantau atau tower api sebanyak lima tower yang digunakan untuk memonitor kebakaran atau titik api di sekitar kawasan perusahaan dan areal perkebunan masyarakat, dua unit mobil damkar, satu unit traler. Peralatan itu nantinya akan diletakkan standby di sekitar perusahaan dan digunakan apabila kebakaran terjadi di areal perkebunan masyarakat. Selain untuk menghindari klarhutla yang terjadi di kawasan lahan PT Agrowiratama, peralatan antisipasi kebakaran itu juga bisa digunakan jika sewaktu-waktu terjadi di pemukiman warga.

Di sisi lain, Dandramil 06 Ujung Gading Kapten Infanteri J. Sitorus mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan pencegahan Karhutla kegiatan ini sangat bagus. Karena tentunya akan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Menurutnya, Karhutla bukan hanya berdampak udara yang tercemar, tetapi berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

baca juga: Ini Hasil Swab 111 Orang Warga Pasbar yang Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, 220 Lagi Masih Ditunggu

"Kegiatan yang dilaksanakan pihak perusahaan PT. Agrowiratama dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainya, karena kegiatan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, berupa diberikannya wawasan pengetahuan bagi masyarakat untuk dapat mendeteksi langkah-langkah apa ketika bencana kebakaran sewaktu - waktu terjadi terutama kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Camat Sungai Aua M. Yandra Hanafi Lubis menjelaskan, sosialisasi ini merupakan salah satu wujud kewajiban bersama yang melibatkan unsur pemerintahan, swasta dan masyarakat. Ketiga komponen inilah, katanya, yang saling berkaitan dalam menjaga lingkungan dari bencana Karhutla. Jadi kegiatan itu juga sebagai wadah edukasi dan langkah - langkah pencegahan apabila karhutla terjadi khususnya di Kecamatan Sungai Aua.

baca juga: Dua ASN Positif COVID-19 Pernah Hadir Resepsi Pernikahan dan Pelantikan Bamus, 220 Warga Pasbar di Tes Swab

"Kita patut berterima kasih kepada jajaran perusahaan PT Agrowiratama yang menjadi pencetus atau pelopor dalam kegiatan sosialisasi Karhutla, maupun pelatihan pencegahan kebakaran. Mudah - mudahan dapat dicontoh serta bisa diterapkan bagi perusahaan - perusahaan lainya, khususnya di Kecamatan Sungai Aua," ujar Yandra Hanafi.

Di samping itu, Kasi Penataan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat Zainuddin Arrafii mengatakan, sosialisasi Karhutla dan Pelatihan pencegahan yang difasilitasi Management PT Agrowiratama ini akan berdampak positif dalam memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan, serta memunculkan kesadaran masyarakat yang sadar akan bahaya karhutla di tempat mereka masing - masing, maupun di kawasan areal perkebunan perusahaan.

baca juga: Kisah Seorang Ibu Demi Sebuah Kursi Roda Untuk Sang Anak di Pasbar

Di sisi lain, Humas PT Agrowiratama Susanto mengharapkan, kegiatan sosialisasi Karhutla pihak perusahaan menjadwalkan bisa terlaksana dua kali dalam setahun. Kegiatan ini dihadiri berbagai lapisan masyarakat dari sekitar kawasan perusahaan, mulai dari Kejorongan, Pemerintahan Nagari, Kecamatan, BPBD, Damkar,Basarnas,Satpol PP, Disbun, Polri dan TNI.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat mari bersama - sama menjaga lingkungan sekitar, jangan membakar lahan, jangan buang puntung rokok sembarang tempat, dan jika melihat adanya kebakaran segera lapor pada pihak berwajib.

Di sela-sela kegiatan sosialisasi itu, pihak manajemen perusahaan memberikan penghargaan kepada perwakilan masyarakat kejorongan yakni Jorong Sikilang karena dinilai mampu menjaga terhindarnya kawasan lahan itu dari Karhutla. Penghargaan yang diberikan PT Agrowiratama sebesar Rp25 juta dalam bentuk barang-barang seperti mobiler, kursi, lemari barang dan beberapa barang lainnya.

[Buyung Fajri]

Penulis: Webtorial