Anggota PPK Kabupaten Solok Dilantik, Bupati: Jangan Mudah Terbuai Rayuan

Pelantikan anggota PPK di Kabupaten Solok.
Pelantikan anggota PPK di Kabupaten Solok. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Usai menjalani tahapan seleksi yang ketat, sebanyak 42 orang Panitia Pelaksana Kecamatan ( PPK ) Kabupaten Solok dilantik. PPK yang terdiri dari tiga orang per kecamatan itu dilantik langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Solok , Elwiza, Kamis (22/2) di Guest House.

Dalam kesempatan itu, Bupati Solok H. Gusmal mengatakan PPK memiliki tugas dan tanggungjawab yang cukup berat, mengingat proses pemilu yang dilakukan secara serentak pada april 2019 mendatang.

baca juga: Sandiaga Uno Diprediksi Akan Kembali Bertarung di Pemilu 2024, Siapa Pasangannya?

Untuk meminimalisir persoalan dalam penyelenggaraan pemilu nantinya, Bupati meminta PPK bekerja Independen, Jujur dan mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Sebab dalam pesta demokrasi nanti, PPK akan menghadapi berbagai tingkah polah, perilaku, siasat serta trik partai politik yang memiliki kepentingan dalam memenangkan partainya.

baca juga: Tolak Dinyatakan TMS, Iriadi : Tanding Jalan Kaki Dari Solok ke Padang Saya Sanggup

Bukan tidak ada kemungkinan, PPK dan seluruh pelaksana pemilu berpotensi untuk diiming-imingi dengan berbagai rayuan, atau juga kemungkinan intimidasi oleh pihak tertentu, untuk itu PPK dituntut menguasai aturan dan bertegas-tegas.

"Ini tugas berat, dulu masing-masing kecamatan ada lima orang PPK dengan tugas yang agak lebih ringan, tapi saat ini hanya tiga orang dengan tanggungjawab yang lebih komplek," ungkap Gusmal.

baca juga: KPU Kabupaten Solok Tetapkan Nomor Urut Paslon Peserta Pilkada 2020

Dalam suksesi pelaksanaan Pemilu serentak, dipundak PPK juga tertumpang harapan peningkatan partisipasi pemilih. Apalagi, telan Gusmal, beberapa kali pelaksanaan pemilu di Kabupaten Solok partisipasi pemilih terbilang belum maksimal. Dia memerintahkan pemerintah kecamatan untuk memfasilitasi sekretariat bagi PPK sebagai sarana untuk bekerja.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Solok menjelaskan, 42 orang PPK yang lolos dalam tahapan seleksi merupakan putra-putri terbaik kabupaten Solok. Sebelumnya lebih kurang 443 orang mendaftar dalam seleksi PPK .

baca juga: Pasangan Iriadi - Agus Syahdeman Ajukan Gugatan ke Bawaslu Kabupaten Solok

"Dari tahapan seleksi yang kita lakukan secara propesional, maka lahirlah 3 orang PPK per masing-masing kecamatan, bekerjalah dengan baik dan propesional," sebut Elwiza.

Usai dilantik, masing-masing PPK lansung dibekali terkait tupoksi melalui Bimbingan teknis yang diberikan KPU Propinsi dan KPU kabupaten Solok.

[Syafriadi]

Disaksikan Bupati Solok H. Gusmal, Ketua KPU Elwiza melantik 42 PPK Kab. Solok

Penulis: Agusmanto